Saksi KPU Jakpus: Ada DPKTb bodong di Karet Tengsin

Senin, 11 Agustus 2014 18:36 Reporter : Angga Yudha Pratomo
Saksi KPU Jakpus: Ada DPKTb bodong di Karet Tengsin Sidang sengketa Pilpres di MK. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Saksi dari KPU Kota Jakarta Pusat, Wahyu Dinata menyatakan terdapat masalah pada Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) di beberapa TPS di Jakarta Pusat. Salah satunya, hal itu terjadi di Kelurahan Karet Tengsin dan ditemukan 16 pemilih di DPKTb tidak memenuhi syarat.

"Ada pemilih DPKTb bodong di Karet Tengsin, ada 16 DPKTb yang tidak sesuai syarat," kata Wahyu dalam sidang PHPU di Gedung MK, Jakarta, Senin (11/8).

Wahyu menambahkan, persoalan DPKTb bodong itu, panwaslu Jakarta Pusat telah merekomendasikan digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS tersebut. Alhasil, tidak ada lagi DPKTb bodong tersebut.

"Sudah dilakukan PSU atas rekomendasi langsung dari Panwaslu Jakarta Pusat. Hasilnya DPKTb bodong tidak ada lagi sama sekali," ujar dia.

Wahyu menuturkan, 16 pemilih bodong itu dikarenakan ada pemilih sebelumnya sempat ditolak petugas KPPS di TPS 26 Karet Tengsin. Lalu, pemilih tersebut mencoba memilih di TPS 24 Karet Tengsin saat waktu pencoblosan akan habis.

"Ini klarifikasi yang disampaikan KPPS langsung, karena waktu yang hampir selesai dan mereka merasa tertekan jadi diperbolehkan," ujarnya.

Oleh karenanya, kata Wahyu, terkait gugatan yang disampaikan pemohon untuk Karet Tengsin sudah selesai. Sebab, keberatan yang disampaikan pemohon saat rekapitulasi sudah ditindaklanjuti oleh KPU Kota Jakarta Pusat. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini