Sail Sabang 2017, event pariwisata berskala internasional segera digelar

Rabu, 22 November 2017 12:25 Reporter : Hery H Winarno
Sail Sabang. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Adv. Hajat besar bakal di gelar di Sabang. Sail Sabang akan berlangsung pada 28 November-5 Desember di Teluk Sabang dan Gapang Resort. Sail Sabang ini mengusung tema 'Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia'.

Empat kementerian terlibat langsung dalam event berskala internasional ini, yaitu Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dinaungi langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Keempatnya berintegrasi untuk mempromosikan Sabang sebagai wisata bahari kelas dunia, serta untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sabang sebagai kepulauan terdepan di Indonesia.

Pesona Indonesia ©2017 Merdeka.com


Sabang begitu tersohor sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di Indonesia. Titik menyelamnya bervariasi mulai dari Shark Plateau yang menawarkan tempat melihat hiu dan manta, hingga canyon seperti labirin bawah laut yang kedalamannya mencapai 50 meter. Di titik lain terdapat bangkai kapal karam peninggalan Perang Dunia II yang menjadi tempat tinggal berbagai biota laut langka.

Puncak acara akan diselenggarakan pada 2 Desember di Sabang Fair, Kota Sabang, Aceh, dengan menampilkan atraksi seperti flying pass dan kompetisi deep dive di kedalaman lebih dari 50 meter. Sail Sabang juga akan dimeriahkan kompetisi bergengsi untuk para penyelam, yaitu Sabang International Free Diving Competition & Workshop 2017 yang berlangsung pada 10 November-1 Desember 2017.

Peluncuran Sail Sabang 2017 ©2017 Merdeka.com/Imam Buhori


Ada sembilan kategori yang dilombakan, yakni: CWT (Constant Weight), CNF (Constant Weight No Fins), FIM (Free Immersion), First Overall (#1), Second Overall (#2), Third Overall (#3), Best Newcomer CWT, Best Newcomer CNF dan Best Newcomer FIM. Setiap kategori terdiri dari kompetisi untuk pria dan wanita. Total hadiah yang akan diperebutkan adalah Rp200 juta. Sabang International Free Diving Competition & Workshop 2017 akan diawali oleh kursus dan pelatihan pada 10-24 November, dilanjutkan dengan free diving workshop pada 25-27 November. Pada 28 November dilaksanakan competition briefing, dan 29 November-1 Desember adalah tanggal dimana kompetisi.

Potensi bawah laut Sabang telah dikemas menjadi paket wisata yang terintegrasi. Pengunjung dapat menemukan fasilitas sewa alat selam, operator menyelam, akomodasi dari berbagai kelas, hingga makanan khas yang bervariasi.

Sail Sabang ©2017 Merdeka.com


Sail Sabang sendiri adalah rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken Manado tahun 2009. Sabang sendiri menjadi lokasi dari titik nol kilometer di ujung barat NKRI. Kepulauan ini membentang lebih dari 5.000 km dengan jarak sebanding dari Swedia ke Vladivostok.

Pemerintah Daerah Aceh telah melakukan berbagai persiapan menyambut perhelatan Sail Sabang termasuk membangun hotel baru yang berkolaborasi dengan Inna Group Grup. Selain itu, juga membenahi berbagai tujuan wisatawan serta mempromosikan Sail Sabang 2017 ke berbagai media.

Sail Sabang ©2017 Merdeka.com


Selain Sail Sabang, akan ada pula Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo yang akan digelar bersamaan dengan Sabang Expo. Acara tersebut akan menampilkan aneka festival seni dan budaya khas Aceh, kejuaraan parasut, lomba aerobatik internasional, dan kompetisi selam. [hhw]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.