Sabu 25 kg antarkan Koptu RA habiskan sisa hidup di penjara

Rabu, 18 Mei 2016 06:10 Reporter : Andrian Salam Wiyono, Ya'cob Billiocta
Sabu 25 kg antarkan Koptu RA habiskan sisa hidup di penjara Anggota TNI narkoba di Bandung. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Koptu RA harus menanggung atas perbuatannya memiliki sabu seberat 25 kilogram. Dia divonis maksimal penjara seumur hidup oleh Pengadilan Militer II-09 Bandung. Selain hukuman bui, dia juga dipecat dari kesatuan.

Vonis terhadap RA dijatuhkan majelis hakim Kolonel CHK Marwan Suliandi dan dua anggotanya, Letkol CHK Sugiarto serta Letkol CHK (K) Nanik Suwarni, di Pengadilan Militer II-09 Bandung, Senin (16/5).

"Mengadili, menyatakan bersalah pada terdakwa dengan hukuman penjara seumur hidup," kata Kolonel CHK Marwan dalam amar putusannya. Sontak putusan tersebut membuat terdakwa kian tertunduk.

Hukuman yang diterima terdakwa lebih tinggi dibandingkan tuntutan yang sebelumnya disampaikan Oditur Militer. Terdakwa sebelumnya dituntut dengan hukuman 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair 3 bulan kurungan.

Sebelum memutuskan, Marwan Suliandi menyatakan hal meringankan bagi terdakwa yaitu menyesali perbuatan. Sedangkan yang memberatkan, terdakwa telah melanggar Sapta Marga dan sumpah prajurit, merusak sendi kehidupan, tidak mendukung program pemerintah, merusak generasi muda jika mengonsumsi sabu-sabu dan berbelit dalam persidangan.

Marwan merinci, perilaku terdakwa yang ada dalam kesatuan pasukan tempur, tidak seharusnya memiliki barang haram. Seharusnya aparat menjadi pelopor pencegahan narkoba. [cob] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. TNI Narkoba
  2. Bandung
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini