Saber Pungli Usut Dugaan Pungutan Liar di SMA Negeri 22 Kota Bandung

Senin, 17 Januari 2022 21:03 Reporter : Aksara Bebey
Saber Pungli Usut Dugaan Pungutan Liar di SMA Negeri 22 Kota Bandung ilustrasi korupsi. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Tim Saber Pungli Jawa Barat mengusut dugaan pungutan liar (pungli) di satu sekolah SMA Negeri Kota Bandung. Kepala sekolah dan wakilnya saat ini berstatus terperiksa.

Kepala Bidang Data dan Informasi (Kabid Datin) Saber Pungli Jabar, Yudi Ahadiat mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, ada tiga orang tua siswa yang memindahkan sekolah di SMA 22 Kota Bandung.

Para orang tua tersebut diduga dimintai sejumlah uang sebagai salah satu syarat administrasi. Setelah negosiasi, disepakatilah setiap orang tua siswa dikenai Rp10 juta. Tim Saber Pungli sudah mendatangi sekolah tersebut pada akhir pekan lalu.

"Ada negosiasi, menjadi Rp15 juta, kemudian ditawar lagi akhirnya sepakat Rp10 juta. Ternyata setelah tim melakukan pemeriksaan yang mutasi itu ada tiga orang," jelas Yudi, Senin (17/1).

Saat ini, Kepala Sekolah SMA 22 Bandung berinisial H dan Wakil Kepala Sekolah berinisial ER berstatus terperiksa dalam kasus tersebut. Dalam pemeriksaan awal, tim mengamankan uang Rp 30 juta.

Berdasarkan Pergub (Peraturan Gubernur) 29 tahun 2021 tentang teknis PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), tak ada satu pasal pun yang mengharuskan bayar administrasi.

"Apapun alasannya kami tidak terima, mau untuk sekolah, masjid, kita tak terima jadi bukan untuk pembenaran," tegasnya. [fik]

Baca juga:
Warga Bikin KK Diminta Bayar Rp1,7 Juta, Begini Nasib Kepling di Medan
Berdalih Dibagi Rata, Honor Vaksinator di Bangkalan Dipotong Sepihak Pejabat Pemkab
Polisi Telusuri Dugaan Keterlibatan Satpol PP dalam Aksi Pungli di Jakpus
PAUD di Tangerang Tak Bisa PTM, Ketua RW Bantah Sengaja & Sebut Kunci Terbawa Istri
Nasib Murid PAUD di Tangerang Belajar di Teras karena Gedung Disegel Ketua RW
Sebut PAUD di Tangerang Tak Ditutup, Camat Berdalih Kunci Terbawa Pejabat RW

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini