Saat tembakan prajurit TNI habisi komandan OPM Timika Wonda

Minggu, 8 Juni 2014 08:07 Reporter : Ramadhian Fadillah
Saat tembakan prajurit TNI habisi komandan OPM Timika Wonda Aksi pasukan infanteri dalam Latgab TNI. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Tim ambush Kodam XVII/Cenderawasih pimpinan Lettu Inf Firman, terlibat kontak tembak dengan kelompok Organisasi Papua Merdeka. Pasukan dari Yonif 751 ini akhirnya menembak mati salah satu komandan OPM Timika Wonda.

Aksi baku tembak terjadi di Tingginambut Puncak Jaya, Sabtu sekitar pukul 05.33 WITA.

Setelah proses identifikasi jenazah, TNI memastikan korban tewas adalah Timika Wonda.

"Dalam kontak tembak tersebut, prajurit TNI berhasil melumpuhkan salah satu komandan gerakan pengacau keamanan bernama Timika Wonda," kata Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya.

Topik pilihan: penembakan | Penembakan Papua | TNI AD

Informasi dari TNI, Timika Wonda adalah orang kepercayaan Panglima Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka Jenderal Goliat Tabuni.

Timika Wonda dan kelompoknya beroperasi di kawasan Tingginambut, Puncak Jaya. Mereka sering mengganggu rakyat yang tak bersimpati pada perjuangan OPM. Kelompok bersenjata ini pula yang beberapa kali menembaki TNI, Polri dan masyarakat.

Bagi Goliat Tabuni dan kelompoknya, Papua merdeka adalah harga mati. Goliat menolak mentah-mentah tawaran damai dari pemerintah Indonesia.

Dia juga menolak tawaran pemberian rumah dari pemerintah jika mau turun gunung.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Christian Zebua membalasnya dengan ancaman akan menindak tegas terhadap siapa saja yang berusaha mengganggu keamanan dan rakyat di Papua. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Penembakan Papua
  2. TNI AD
  3. TNI
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini