RUU Permusikan Jadi Kontroversi, Ini Kata Ketua DPR Bambang Soesatyo

Rabu, 6 Februari 2019 12:56 Reporter : Sania Mashabi
RUU Permusikan Jadi Kontroversi, Ini Kata Ketua DPR Bambang Soesatyo Musisi Indonesia temui Ketua DPR. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta masyarakat agar tidak khawatir dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan. Sebab, RUU itu masih dalam proses pembahasan dan masih mungkin berubah.

"Tentang RUU Permusikan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan dan di-kepo-kan karena perjalanannya masih jauh. Prosesnya masih panjang. Walaupun sudah masuk prolegnas, namun pembahasannya dan sekarang masih dalam pembahasan di baleg," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/2).

Bambang menegaskan dalam pembahasan RUU ini ke depan akan mengundang seluruh stakeholder yang terlibat dalam RUU Permusikan. Mulai dari pencipta lagu dan pemusik lainnya.

Kata dia, jika nanti ada pasal yang dianggap kurang pas, pasal itu bisa batalkan untuk masuk ke RUU permusikan.

"Ini yang nanti justru, kalau nanti tidak tepat, apa usulannya? Apakah didrop, kan nanti bisa dibahas," ungkapnya.

Karena itu, ia mengimbau para musisi untuk tidak gegabah dan membaca RUU tersebut dengan seksama. Serta berdiskusi dengan DPR terkait RUU Permusikan itu.

"Saya juga imbau kepada para musisi untuk memahami lagi, pelajari lagi lebih dalam, baca lagi ayat per ayatnya. Lalu sampaikan apa yang menurut mereka baik. Ini kita bikin kan untuk mereka," ucapnya.

Diketahui, RUU Permusikan tengah menjadi sorotan para pelaku musik. Sebab, RUU itu dianggap membatasi kebebasan berekspresi para musisi. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini