Rusia bakal latih otoritas keamanan ASEAN berantas ISIS

Senin, 30 Mei 2016 23:39 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro
Rusia bakal latih otoritas keamanan ASEAN berantas ISIS Jokowi dan Vladimir Putin. ©REUTERS/Sergei Karpukhin

Merdeka.com - Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Rusia beberapa waktu silam membuahkan hasil cukup memuaskan, terutama di bidang pemberantasan terorisme, salah satunya kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Untuk itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin menyatakan akan membantu negara-negara ASEAN dalam bidang penanggulangan teroris.

"Dalam pertemuan tersebut Rusia dan ASEAN setuju untuk berkerja sama dalam menangani masalah keamanan global, terutama ancaman terorisme yang secara jelas didemonstrasikan secara brutal oleh ISIS," sebut Galuzin di Kantor Kedutaannya, Senin (30/5).

Kerjasama ini, kata dia, akan dilakukan dengan hal konkrit. Salah satunya adalah kesediaan negaranya melatih otoritas keamanan negara-negara anggota ASEAN.

"Rusia dan ASEAN akan melanjutkan kerjasama antiterorisme salah satunya dengan melatih Otoritas Keamanan negara-negara anggota ASEAN di Rusia. Pelatihan akan dilakukan Rusia Federal Security Services," paparnya.

Galuzin menambahkan, kerja sama keamanan Rusia dengan negara anggota ASEAN khususnya RI bukan barang baru. Kesepakatan ini sudah dimulai dan siap dilanjutkan ke tingkatan lebih tinggi.

"Ini merupakan bagian besar dari kerjasama Indonesia-Rusia dan ASEAN, yang kami sudah mulai pada awal tahun ini," pungkasnya. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini