Rumah terendam banjir, 838 jiwa di Aceh Besar ngungsi

Selasa, 4 November 2014 19:02 Reporter : Afif
Rumah terendam banjir, 838 jiwa di Aceh Besar ngungsi banjir di ciledug. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sebanyak 838 jiwa warga Kecamatan Leupung Aceh Besar harus mengungsi setelah dilanda hujan lebat sejak Jumat malam (1/11). Mereka mengungsi karena rumah terendam banjir dan rumah tidak bisa ditempati.

Bahkan sebagian besar rumah di kecamatan tersebut, terutama dusun Layeu dan Layeun Dua, Desa Pulut mengalami kerusakan. Selain itu juga terdapat kerusakan sejumlah fasilitas umum setelah diterjang banjir.

Sekretaris Camat Kecamatan Leupung, Sayuti menyebutkan rumah warga yang rusak mencapai 60 unit, delapan unit rumah di antaranya mengalami rusak berat, sementara sisanya rusak ringan. Kata Sayuti, fasilitas umum terbanyak rusak di Gampong Pulut, rumah warga yang rusak parah sebanyak enam unit, selebihnya kerusakan pada fasilitas umum.

"Tiga titik jalan rusak serta satu saluran irigasi yaitu waduk Krueng Geupu tertimbun material longsor," jelas Sayuti, Selasa (4/11).

Sementara itu, Pemerintah Aceh tanggap darurat masih terus berupaya memaksimalkan kembali jalur barat Aceh. Kepala Biro Humas Aceh, Mahyuzar menyebutkan pemerintah menyiagakan alat berat milik pemerintah maupun milik TNI.

"Alat berat yang saat ini kita siagakan di lokasi longsor satu unit Back Hoe dan satu unit Buldozer milik TNI. Sedangkan Dinas Cipta Karya, hingga saat ini telah mengerahkan tiga unit Excavator dan dua unit Back Hoe," terang Mahyuzar dalam siaran persnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir Bandang
  3. Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini