Rumah bundar ini punya koleksi peninggalan perang dunia ke II

Sabtu, 26 Desember 2015 23:35 Reporter : Haris Kurniawan
Rumah bundar ini punya koleksi peninggalan perang dunia ke II Rumah bundar. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Jika Anda berkunjung ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, disarankan agar menyempatkan diri mengunjungi rumah bundar di Jalan Danau Jempang. Atau 15 menit dari Bandara Juwata.

Sebab, di kompleks itu terdapat sejumlah rumah yang model bangunan hingga atapnya berbentuk setengah lingkaran. Ada satu yang berhasil dijadikan museum oleh Pemerintah Kota Tarakan.

"Sebenarnya di sini satu kompleks tapi beberapa jadi rumah warga," ujar Kasi Sarana dan Prasaran Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Sumaryadi saat berbincang di lokasi, Sabtu (26/12).

Dia menceritakan, dahulu tempat ini merupakan barak dari tentara Australia setelah merebut kekuasaan dari tangan Jepang. Di tanah seluas 6x12 meter ini lah mereka tinggal.

Kini, rumah bundar menjadi museum yang mengoleksi sejumlah barang peninggalan perang dunia ke II yang mereka rawat secara apik di dalam lemari kaca.

Beberapa barang yang dapat dilihat antara lain, sepatu, senjata api hingga peluru tentara Jepang. Tak hanya itu, terdapat juga baling-baling pesawat tempur di kala itu.

"Ini ada juga yang memang hasil temuan masyarakat dan diberikan kepada kita," terangnya.

Menurutnya, bentuk rumah yang setengah lingkaran ditambah dengan sejumlah barang peninggalan perang dunia ke II berhasil memikat masyarakat yang ingin tahu.

"Kita berharap bisa dikembangkan dan menjadi saksi sejarah," tuntasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial
  2. Pemkot Tarakan
  3. Tarakan

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini