Ruang Kelas Sekolah di Garut Ambruk karena Lapuk, Empat Siswa Alami Luka-Luka

Selasa, 4 Oktober 2022 14:02 Reporter : Mochammad Iqbal
Ruang Kelas Sekolah di Garut Ambruk karena Lapuk, Empat Siswa Alami Luka-Luka Ruang Kelas Sekolah di Garut Ambruk karena Lapuk. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Empat orang siswa sekolah dasar di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat dilarikan ke puskesmas setelah atap ruang kelas tempat mereka belajar ambruk. Ruang kelas tersebut ambruk saat para siswa sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Selasa (4/10).

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan ruang kelas yang ambruk adalah ruangan belajar kelas 3 bangunan SDN 1 Bunisari, Desa Bunisari, Kecamatan Malangbong. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB atau ketika siswa sedang belajar sehingga melukai sejumlah siswa.

"Ada empat anak yang mengalami luka akibat tertimpa material atap bangunan dan langsung dievakuasi ke Puskemas Citeras, Malangbong. Ada sejumlah luka yang harus dijahit, para siswa tersebut kini sudah dipulangkan ke rumahnya, rawat jalan," kata Helmi.

Dia menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan, sekolah itu berdiri sejak tahun 1981. Karena sudah lama, kondisi bangunannya pun banyak yang lapuk.

2 dari 2 halaman

"Dari 7 ruangan yang ada, bangunan yang bagusnya itu hanya empat dan tiga kelas lain tidak boleh digunakan karena saya lihat struktur atapnya sudah lapuk. Saya sudah minta Dinas Pendidikan untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak kembali terjadi," jelasnya.

Oleh karena itu, Helmi mengaku sudah meminta Dinas Pendidikan untuk memeriksa kondisi seluruh bangunan. Dia berharap kejadian itu menjadi yang terakhir.

"Semua sekolah harus melakukan inspeksi kondisi bangunannya, lakukan dengan seluruh kemampuan. Untuk sekolah ini (SDN 1 Bunisari) akan kami lakukan perbaikan," ucapnya. [ray]

Baca juga:
Detik-detik Atap Masjid Bandara Hang Nadiem Roboh, Baru Diresmikan 2 Bulan
Lantai Ruko di Bogor Runtuh, Dua Konsultan Terluka
Marmer Tiang Gedung DPR Ambrol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini