RS TNI AD Palangka Raya Tingkatkan Imun Pasien Positif Covid-19 Pakai Madu Murni

Sabtu, 18 Juli 2020 11:02 Reporter : Henny Rachma Sari
RS TNI AD Palangka Raya Tingkatkan Imun Pasien Positif Covid-19 Pakai Madu Murni Ilustrasi madu. ©Shutterstock

Merdeka.com - Rumah Sakit TNI AD Palangka Raya, Kalimantan Tengah juga menangani pasien positif Covid-19. Dalam pengobatannya di sana selain medis, pasien juga diberikan madu murni guna meningkatkan imunitas tubuh.

"Kami melalui RS TNI AD Palangka Raya juga membantu perawatan pasien positif Covid-19, dengan pengobatan medis didukung metode lainnya," kata Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto di Palangka Raya, Sabtu (18/7).

Salah satu yang digunakan oleh para tim medis di RS TNI AD yakni madu murni atau alami, yang dinilai sangat efektif membantu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh seseorang.

"Treatment obat-obatan dan juga makanan, salah satunya warisan leluhur adalah madu murni itu terbukti sangat membantu meningkatkan imun serta mempercepat kesembuhan," tegasnya.

Sudah cukup banyak pasien positif Covid-19 yang sembuh setelah mendapatkan perawatan, baik masyarakat umum maupun anggota TNI yang pernah terpapar virus tersebut.

Bahkan ia menjelaskan, pernah ada anggotanya terpapar Covid-19 dan dirawat di salah satu rumah sakit, namun hingga delapan kali swab hasil pemeriksaannya masih saja positif.

"Akhirnya kami putuskan memindahkannya ke RS TNI AD dan diberikan treatment atau pengobatan seperti yang biasa diterapkan hingga tak lama berselang anggota kami itu dinyatakan dua kali negatif dan sembuh," terangnya.

Hanya saja penanganan pasien positif Covid-19 pada RS TNI AD cukup terbatas, yakni maksimal sebanyak 14 tempat tidur. Sebab, pihaknya juga harus melayani pasien umum yang bukan terkait Covid-19.

Adapun hingga saat ini anggotanya yang pernah terpapar ada sekitar delapan orang, namun terakhir kemarin setelah mendapatkan perawatan juga sudah dinyatakan sembuh.

"Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 kami rutin melaksanakan tes cepat, utamanya bagi personel yang tergabung dalam satuan tugas maupun mereka yang sering berinteraksi dengan masyarakat umum," katanya.

Danrem menegaskan, Covid-19 bukanlah sebuah aib, melainkan wabah yang harus ditangani bersama-sama. Pihaknya tidak pernah menyerah ataupun jenuh untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang protokol kesehatan maupun penanganan di lapangan.

Sementara itu Kepala RS TNI AD Mayor dr Alex Ranu menjabarkan, penanganan pasien positif Covid-19 oleh pihaknya, sebenarnya tidak jauh berbeda dari RS lainnya.

"Kami melakukan penanganan dengan pengobatan medis serta dikombinasikan sejumlah hal lainnya, yakni terapi tradisional," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Menurutnya membuat pasien tidak stres...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini