Romo Benny Mengenang Saat Bersama Gus Sholah Damaikan Konflik di Ambon dan Poso

Senin, 3 Februari 2020 09:07 Reporter : Merdeka
Romo Benny Mengenang Saat Bersama Gus Sholah Damaikan Konflik di Ambon dan Poso Wantimpres bertemu aktivis LSM. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kepergian Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia, termasuk Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP RI Romo Benny Susetyo.

Romo Benny mengatakan Indonesia kehilangan salah satu figur ulama sekaligus pemimpin umat yang memiliki visi kemanusiaan dan memperjuangkan HAM, nilai demokrasi dan pluralisme.

"Kita kehilangan tokoh besar setia pada perjuangan nilai agama untuk kemanusiaan. Kita kehilangan tokoh memberikan keteladan dalam memperjuangkan demokrasi dan HAM," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (3/2).

Romo Benny mengenang kembali pertemuan dengan Gus Sholah bersama para tokoh, kala berdiskusi guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Papua.

"Bersama Gus Sholah waktu bertemu dengan para uskup Papua untuk mencari solusi perdamaian," ujar dia.

Sejak saat itu, Romo Benny dan Gus Sholah bersama-sama mendamaikan konflik Ambon dan Poso dengan tim lintas agama. Terakhir keduanya terlibat dalam gerakan moral para tokoh lintas agama mengingatkan kekuasan agar bertindak adil.

Menurut Romo Benny, almarhum Gus Sholah memiliki figur yang teduh dan pikiran jernih mencermati dinamika bangsa, juga konsisten dalam memperjuangkan nilai kemanusiaan yang universal, dan selalu berupaya menjaga agar bangsa ini selalu tunduk konstitusi.

"Dalam dialog Tebuireng menjelang Pilres, beliau berpesan agar bangsa tetap menjaga bhineka tunggal ika dan mengedepankan rekonsiliasi," tandas dia. [cob]

Baca juga:
Takziah ke Rumah Duka Gus Sholah, Prabowo Sebut Kehilangan Tokoh Penting Islam
Khofifah Kenang Gus Sholah: Beliau Beri Energi Luar Biasa dalam Karir Politik Saya
Jokowi Melayat ke Rumah Duka Gus Sholah
Wapres Ma'ruf Jadi Imam Salat Jenazah Gus Sholah
Gus Sholah, Sosok Ulama dan Cendekiawan yang Negarawan
Muhammadiyah: Gus Sholah Teladan bagi Umat dan Bangsa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini