Romo Benny Ingatkan Teknologi Bisa Jadi Alat Pecah Belah Bangsa

Sabtu, 1 Juni 2019 21:03 Reporter : Yunita Amalia
Romo Benny Ingatkan Teknologi Bisa Jadi Alat Pecah Belah Bangsa Wantimpres bertemu aktivis LSM. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Memperingati hari lahirnya Pancasila, anggota Satuan Tugas Khusus BPIP Romo Benny Susetyo mengatakan, tantangan terbesar Indonesia saat ini dan masa depan adalah teknologi.

Dalam diskusi dengan tema 'Rehat Sejenak Untuk Memaknai Kelahiran Pancasila' di Jakarta Pusat, Benny mengatakan, kemajuan pesat teknologi harus diantisipasi secara tepat oleh pemerintah Indonesia dikarenakan teknologi kerap menjadi wadah penyebaran kebencian, fitnah, hoaks yang mengikis makna Pancasila sebagai dasar negara.

"Problem kita menghadapi 1 dimensi, alat teknologi. Kebohongan bisa menjadi kehancuran bangsa, kita belajar dari Amerika, Inggris dan banyak negara lainnya (menyikapi) terhadap serbuan yang merusak nalar, akal sehat, maka bagaimana mereka bangun satu sistem," kata Benny, Sabtu (1/6).

Dia menambahkan, masyarakat Indonesia tidak bisa membendung kemajuan teknologi, namun masih memiliki kesempatan mengatur dan memanfaatkan teknologi guna meningkatkan jiwa Pancasila di kalangan masyarakat melalui peran pemerintah.

"Tantangan kita mengolah potensi adat istiadat menghadapi guncangan teknologi yang tidak mengenal etika dan moral," tandasnya.

Sementara itu, menyikapi polarisasi di tengah masyarakat pasca pemilu, Benny meyakini apa yang ramai di media sosial tidak sepenuhnya menggambarkan realita di masyarakat.

"Informasi di medsos, toh masyarakat damai-damai saja yang perang kan elit, itu pun sebagian saja. Medsos pun banyak akun anonim, mesin," tandasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini