Ridwan Kamil Ungkap Baru 10 Persen Aset Pemprov Jabar Dimanfaatkan

Rabu, 24 November 2021 04:31 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Ungkap Baru 10 Persen Aset Pemprov Jabar Dimanfaatkan Ridwan Kamil di acara IDC. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ribuan aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal, aset tersebut bisa menjadi sumber pendapatan di saat sektor pajak sedang menurun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, realisasi pemanfaatan ribuan aset dalam bentuk lahan maupun gedung harus terus didorong. Apalagi, perubahan fungsi aset milik pemerintah itu adalah instruksi dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

"Ada ribuan aset Pemda Provinsi Jabar yang belum termanfaatkan, baru 5 sampai 10 persen lah (sudah dimanfaatkan). bagaimana kecepatan kita supaya aset-aset dikerjasamakan. Ini baru aset Provinsi saja yang lokasinya sangat strategis kebanyakan di tengah kota," ungkap dia, Selasa (23/11).

Ia mencontohkan, pemanfaatan yang bisa dicontoh adalah Laswee Creative Space yang merupakan ruang kreatif masyarakat untuk berkreasi, diskusi hingga tempat ngopi. Gedung seluas 2.833 meter yang diubah menjadi kawasan kreatif oleh Koperasi Bima Sejahtera Sentosa dan PT Olah Kelola Ruang merupakan aset milik Pemerintah Daerah Provinsi Jabar.

Pria yang akrab disapa Emil mengaku membuka kesempatan selebar-lebarnya jika ada pihak yang ingin memanfaatkan aset. Namun, hal yang ditekankan adalah prosedurnya harus ditempuh dengan baik dan berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Ia menilai, aset milik Pemerintah Pusat dan daerah yang tidak termanfaatkan bisa dikelola oleh masyarakat selama menghasilkan nilai ekonomi, di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada pendapatan menurun drastis, terutama dari sektor pajak.

"Pada saat pajak turun maka harus meningkatkan pendapatan dari sumber lain yaitu BUMD dan aset-aset pemerintah yang dimanfaatkan secara ekonomi dan bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Komisaris PT Olah Kelola Ruang, Dina Dellyana mengatakan, keberadaan Laswee Creative Space merupakan wujud optimalisasi aset pemerintah yang diinstruksikan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani.

“Laswee Creative Space merupakan salah satu contoh dari optimalisasi aset tersebut, dan tentu kami bersyukur semangat Menkeu ini sejalan dengan misi Pak Ridwan Kamil yang ingin menghidupkan asset Pemprov Jawa Barat, khususnya di Bandung,” ujar Dina. [fik]

Baca juga:
CEK FAKTA: Menelusuri Klaim Ridwan Kamil Soal Sodetan Cisangkuy Kurangi Banjir
Ridwan Kamil Kumpulkan Bupati dan Wali Kota di Jabar Bahas Penanganan Bencana
Ridwan Kamil: 500-an Bencana Terjadi di Jabar Sepanjang Oktober 2021
Anggaran Pendidikan Jabar 2022 Diusulkan 33,21 Persen
Ridwan Kamil Klaim Area Banjir di Bandung Selatan Berkurang
Jalan Tol dan Jalur Kereta Api Menuju Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi 2023

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini