Ridwan Kamil Sebut saat New Normal, TNI-Polri Bakal Jaga Pasar & Mal

Selasa, 26 Mei 2020 20:38 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ridwan Kamil Sebut saat New Normal, TNI-Polri Bakal Jaga Pasar & Mal Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, aparat TNI-Polri akan diterjunkan secara fisik di tempat-tempat umum selama 14 hari. Salah satunya di pusat perbelanjaan atau mal.

"Barusan Presiden Jokowi sudah memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri selama adaptasi baru ini minimal selama 14 hari itu ada kehadiran fisik dari TNI Polri," kata Emil usai meninjau kesiapan Mal Summarecon Bekasi dengan Presiden Jokowi, Selasa (26/5).

Selain itu, personel TNI-Polri akan berjaga di pasar. Mereka akan mendisiplinkan masyarakat agar tetap patuh mengikuti protokol kesehatan. Bila warga sudah terbiasa disiplin, nantinya aparat tidak perlu dihadirkan di tempat umum.

"Kalau masyarakatnya sudah disiplin dalam adaptasi baru ini, maka perlahan-lahan tidak perlu lagi ada kehadiran seragam coklat, seragam hijau, manusia ke kota, manusia yang ke pasar sudah bisa melakukan adaptasi sendiri. Jadi akan ada kehadiran fisik selama 14 hari nanti kita evaluasi," tuturnya.

Pria yang akrab dipanggil Emil itu, juga telah menyiapkan protokol kesehatan untuk masyarakat yang berkunjung ke mal. Mulai dari jumlah kapasitas pengunjung yang dibatasi, jaga jarak di tempat makan, serta menggunakan masker dan sarung tangan saat berbelanja ke mal.

"Jadi berita hari ini bukan membuka mal seperti yang beredar, ini presiden melakukan simulasi jika nanti malnya bisa dibuka, proses simulasinya seperti apa, tidak ada istilahnya pembukaan mal," tutup Emil. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini