Ridwan Kamil: Persentase Baru 60 Ribu Dosis Vaksin per Hari, Jabar Belum Juara

Minggu, 11 April 2021 04:32 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil: Persentase Baru 60 Ribu Dosis Vaksin per Hari, Jabar Belum Juara ridwan kamil dan budi gunadi tinjau vaksinasi di Jabar. ©2021 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin meninjau vaksinasi hasil kolaborasi dengan perusahaan swasta di Kota Bandung, Sabtu (10/4).

Lokasi yang dipilih adalah salah satu taman yang ada di Kota Bandung. Suasana ini bisa menjadi pilihan bagi warga.

“Tempatnya sangat baik dan memadai. Jadi saya kira datang ke sini seperti piknik, tidak stres, dari pandangan mata juga sangat menyenangkan,” ucap dia melalui siaran pers yang diterima.

Penyuntikan dosis pertama di Pusat Vaksinasi ini berlangsung pada 5-10 April 2021. Sedangkan penyuntikan dosis dua digelar pada 3-8 Mei 2021. Target sasaran vaksinasi mencapai 10.000 pelayan publik.

Ridwan Kamil berharap, adanya penyelenggaraan vaksinasi dari perusahaan swasta bisa mempercepat sasaran vaksinasi hingga 100 ribu penyuntikan per hari. Ia pun mengapresiasi Menkes RI Budi Gunadi Sadikin yang terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

“Jabar per hari sekitar 60.000 dosis. Tapi kalau dikalikan jumlah penduduknya, persentase kita belum juara," tuturnya.

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin menekankan pentingnya kolaborasi dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pihak swasta, harus diperkuat.

Budi berujar, kebersamaan akan hadir apabila dirajut dengan tujuan yang mulia yaitu rasa kemanusiaan untuk membantu sesama.

“Ini membuktikan bahwa orang Indonesia itu kalau dirajut kebersamaannya modal sosial, itu besar sekali dampak positifnya. Saya percaya kalau hal tersebut dibangkitkan, apapun pekerjaannya pasti akan selesai,” katanya.

“Mudah-mudahan bentuk kerja sama yang inklusif antara pemerintah pusat, pemerintah daerah benar-benar bisa membangun gerakan vaksinasi Indonesia dan gerakan inilah yang akan menyelesaikan pandemi ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Tohir menyelenggarakan vaksinasi di Eldorado Convention Hall di Kota Bandung, Kamis (8/4). Disana, target yang ditetapkan 5.000 penyuntikan setiap hari dengan penyelenggaraan selama dua bulan.

Erick berujar, tujuan sentra vaksinasi adalah untuk membantu percepatan vaksinasi nasional. “Tentu sangat berharap dengan membuka sentra vaksinasi ini kita bisa mendorong para lansia dan pelayan publik bisa dipercepat penyuntikannya,” ucapnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini