Ridwan Kamil Doakan Anies dan Riza Patria Segera Sembuh dari Covid-19

Selasa, 1 Desember 2020 13:22 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Doakan Anies dan Riza Patria Segera Sembuh dari Covid-19 Anies Baswedan usai diperiksa Polda Metro Jaya terkait Rizieq Syihab. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendoakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terkonfirmasi positif Covid-19 segera pulih. Di sisi lain, pria yang akrab disapa Emil itu masih bebas dari virus berdasarkan swab test pekan lalu.

Menurut dia, tokoh maupun pejabat publik memiliki tanggungjawab moril untuk mengumumkan status keterpaparan Covid-19 secara terbuka.

Pasalnya, ini akan memudahkan pelacakan dalam upaya penanganan. Ini dikarenakan tokoh maupun pejabat publik kerap berinteraksi dengan banyak pihak.

"Ya saya mendoakan (Anies) semoga lekas pulih dan memimpin lagi secara maksimal, doa saya juga saya doakan ke Pak Wagub (DKI Jakarta) pak Riza," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (1/12/2020).

"Sehingga (status paparan Covid-19 pejabat publik) tidak bisa masuk kategori yang rahasia pasiennya, karena untuk tokoh publik, dia punya kewajiban mengumumkan kepada publik," ujar ia melanjutkan.

Disinggung mengenai kondisi kesehatannya, Ridwan Kamil pada pekan lalu mengaku melakukan swab test dengan hasil negatif Covid-19.

Dia menduga, kondisi kesehatannya yang prima, selain karena pola hidup, juga karena faktor menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19. Ia berharap uji klinis vaksin bisa rampung dengan hasil yang baik.

"(Hasil uji klinis) vaksin saya akan diumumkan bulan ini, jadi mudah-mudahan sehatnya saya mungkin karena vaksin. Nah itu akan terbukti dalam pengumuman, kalau betul darah saya 90 persen berarti selama ini saya sehat karena vaksinnya berfungsi, itu kan yang diharapkan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkonfirmasi dirinya dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Hal itu berdasarkan tes PCR atau swab yang dilakukan pada Senin (30/11).

"Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis," kata Anies dalam video dan keterangan tertulis yang diterima, Selasa (1/12). [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini