Ridwan Kamil Beri Keringanan Tempat Perawatan Pasien Covid-19 Dilanda Banjir

Minggu, 21 Februari 2021 20:18 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Beri Keringanan Tempat Perawatan Pasien Covid-19 Dilanda Banjir Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberi keringanan bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala untuk menjalani isolasi di rumah sakit. Pernyataan ini hanya berlaku dalam kondisi darurat banjir.

Instruksi ini pun merupakan tanggapan mengenai informasi dan video yang beredar di media sosial bahwa gedung isolasi pasien orang tanpa gejala (OTG) di Hotel Grand Kenari, Kabupaten Karawang terdampak banjir pada Sabtu (20/2) siang.

Pemerintah Kabupaten Karawang sudah melakukan pembenahan setelah air banjir surut. Di tempat tersebut terdapat 48 orang pasien OTG Covid-19. 8 orang di antaranya menggunakan ruangan di lantai satu yang terdampak banjir.

Ridwan Kamil mengatakan, pasien tanpa gejala memang tidak diwajibkan dirawat di rumah sakit. Mereka dianjurkan menjalani isolasi di rumah atau gedung di luar fasilitas kesehatan.

Hanya saja, kondisi daruat seperti banjir yang terjadi bisa menjadi pengecualian. Pasien tanpa gejala tidak mungkin berada di satu tempat pengungsian dengan masyarakat lain.

"Kalau dia (pasien Covid-19 OTG) posisinya sebagai pengungsi, dia tidak mungkin bergaul dan berdempetan di tempat pengungsian, itu sudah saya instruksikan, semua pasien Covid-19 di daerah banjir harus dibawa ke fasilitas negara," ujar Ridwan Kamil kepada wartawan di Cianjur, Minggu (21/2).

"Rumah sakit andalan kita sekarang, jadi pada saat ada kedaruratan, tempat isolasi mandiri kena, tempat isolasi yang disediakan pemerintah, tapi di beberapa tempat pilihannya dua, kalau bebas banjir, hotel-hotel itu bisa dijadikan alternatif di bagian atasnya, tapi kalau butuh perawatan ke rumah sakit," ucap dia. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini