Ridwan Kamil Berharap Jokowi Setujui Pemekaran Sejumlah Wilayah di Jabar

Minggu, 20 Oktober 2019 13:54 Reporter : Sania Mashabi
Ridwan Kamil Berharap Jokowi Setujui Pemekaran Sejumlah Wilayah di Jabar Gubernur Jabar Ridwan Kamil. ©2019 Dok. Humas Jabar

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berharap beberapa hal setelah Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin resmi dilantik jadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Salah satunya dia ingin adanya pemekaran sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Ya Jabar itu ada dua sebenarnya permintaannya. Kalau boleh daerah tingkat II-nya dimekarkan," kata Ridwan Kamil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/7).

"Penduduknya terlalu banyak hampir 50 juta, kurang keurus secara daerah yang cuma 27. Jawa Timur saja penduduk 40 (juta), daerahnya 38," sambungnya.

Harapan kedua, pria yang akrab disapa Emil ini ingin ada keadilan terkait fiskal. Pasalnya, dia melihat saat ini belum ada pemerataan fiskal yang baik di Jawa Barat.

"Harusnya fiskal ke kami ini sesuai dengan jumlah penduduk. Kalau penduduknya besar, bantuan fiskalnya juga harusnya besar. Sekarang masih belum lah ya, hanya dua itulah kira-kira," ucapnya.

"Jabar 20 persennya Indonesia. Jadi kalau Jawa Barat-nya bisa kondusif, ya insya Allah menyumbangkan kondusifitas di Indonesia," ucapnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini