Ridwan Kamil akan Abadikan Nama BJ Habibie di Bangunan Monumental

Kamis, 12 September 2019 12:21 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil akan Abadikan Nama BJ Habibie di Bangunan Monumental Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhanratu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menginstruksikan semua kantor pemerintah dan masyarakat memasang bendera setengah tiang sebagai penghormatan berpulangnya BJ. Habibie. Ia pun berencana mengabadikan nama presiden ketiga RI tersebut dalam sebuah bangunan.

"Hari ini sudah diinstruksikan bendera setengah tiang. Jadi seluruh kantor-kantor, rumah-rumah penduduk masih ada waktu sampai jam 6 sore mengimbau masyarakat kantor rumah menaikkan bendera setengah tiang," kata dia di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (12/9).

Saat pemakaman Habibie, pria yang akrab disapa Emil ini berencana hadir sebagai bentuk penghormatan. Terlebih, ia mengaku dekat, tidak hanya dengan almarhum, tapi keluarga dan anak-anaknya.

Beberapa kali mereka terlibat diskusi mengenai sejumlah hal di masing-masing kediamannya. Salah satunya, Ridwan Kamil pernah meminta nasihat ketika maju dalam Pilgub Jabar. Pembahasan mengenai inovasi pun sering dilakukan dengan kedua anak Habibie.

"Setelah Pilgub juga dengan putra-putranya komunikasi intens. Pak Ilham sering, Pak Tariq juga beberapa kali datang. Keluarganya juga akrab," kata dia.

"Jadi sekarang ke Jakarta (menghadiri pemakaman). Ya sangat sedih karena dua kali ke makam Kalibata pertama waktu Ibu Ani (Istri SBY), sekarang Pak Habibie," ia melanjutkan.

Dalam kesempatan itu, ia menilai Habibie adalah sosok tokoh bangsa yang inspiratif. Untuk itu, ia berencana mengabadikan namanya dengan sesuatu yang relevan.

"Beliau itu kan identik dengan inovasi, kecerdasan. Mungkin gedung-gedung kreatif center, daripada namanya hanya kreatif center mungkin kita namai sesuatu, atau gedung inovasi, apalah yang sifatnya monumental kita carikan," ujar Emil.

"Saya kira penghormatan itu akan disetujui karena semua sangat kehilangan termasuk manusia langka yang sangat jenius," tambahnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini