Ridwan Kamil Ajak Semua Pemimpin Jaga Lisan & Tindakan Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 20 November 2020 20:04 Reporter : Yunita Amalia
Ridwan Kamil Ajak Semua Pemimpin Jaga Lisan & Tindakan Selama Pandemi Covid-19 Ridwan Kamil. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta seluruh pimpinan komunitas tidak mengumbar seruan provokatif di masa pandemi Covid-19. Seruan itu ia sampaikan lantaran banyak pihak saling adu argumentasi pelanggaran protokol kesehatan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat, kepada para pemimpin di level komunitas, pemimpin partai, pemimpin wilayah, semuanya untuk menjaga lisan. Untuk menjaga tindakan selama Covid ini," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, seusai pemeriksaan di Mabes Polri, Jumat (20/11).

Dia mengatakan, kalimat provokatif di masa pandemi sedikitnya akan mempengaruhi penanganan Covid. Ia meminta untuk tidak lagi saling menyalahkan atau berdebat pelanggaran yang terjadi di setiap acara.

Emil menegaskan, pemerintah Jawa Barat sejatinya mengizinkan masyarakat beraktivitas namun perlu dibatasi jumlah peserta mengingat penularan Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

Sikap abai masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, menurut Emil, akan berdampak tidak baik bagi para tenaga kesehatan, aparat penegak hukum dan pihak-pihak yang turut andil menanggulangi Covid-19.

"Boleh mengadakan kegiatan dan sebagainya tapi jangan pakai pola yang lama, seperti yang terjadi sekarang. Yang lama itu berkerumun beribu-ribu orang akibatnya terkena Covid 5 di Megamendung, dua Kapolda tergeser oleh tindakan-tindakan tidak taat itu," jelasnya.

"Maka saya imbau kasihanilah, berempatilah kepada polisi dan keluarganya. Kasihan, berempatilah kepada dokter, tenaga kesehatan. Sudah lebih dari 120 dokter meninggal dunia."

Emil telah memberikan keterangan terkait acara kerumunan yang melibatkan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab di Megamendung, Bogor.

Sementara itu, 10 orang lainnya akan diperiksa di Polda Jawa Barat terkait kasus yang sama. Mereka adalah Kades Sukagalih Megamendung, Alwasyah Sudarman; Ketua RW 03, Agus; Camat Megamendung, Endi Rismawan; Kasatpol PP Pemda Bogor, A. Agus Ridallah; dan Panitia Acara, Muchsin Alatas.

Kemudian Kades Kuta, Kusnadi; Ketua RT 01 Marno; Bupati Bogor, Ade Yasin; Sekda Bogor, Burhanudin; dan pihak Babinkamtibmas, Aiptu Dadang Sugiana. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini