Ribuan warga gelar aksi 2 Desember di alun-alun Purwokerto

Jumat, 2 Desember 2016 17:48 Reporter : Chandra Iswinarno
Ribuan warga gelar aksi 2 Desember di alun-alun Purwokerto Aksi damai 212 di Purwokerto. ©2016 Merdeka.com/Chandra Iswinarno

Merdeka.com - Ribuan warga di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar aksi bela Islam III yang dipusatkan di alun-alun Purwokerto, Jumat (2/12). Aksi tersebut dilaksanakan usai Salat Jumat yang dipusatkan di Masjid Agung Baitusalam.

Berbeda dari aksi sebelumnya, aksi 2 Desember ini diikuti sekitar empat ribu demonstran dari berbagai ormas Islam yang ada di Purwokerto. Menurut koordinator aksi, Hidayat, massa tersebut berasal dari organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, pesantren-pesantren sekitar Purwokerto dan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Banyumas.

"Dari data yang terakhir kami terima, jumlah yang mengikuti aksi ini sebanyak empat ribu orang," katanya, Jumat (2/12).

Diakui Hidayat, aksi kali ini dikemas lebih santai dibanding aksi 4 November silam. Dalam agenda yang dilaksanakan di alun-alun Purwokerto tersebut, agenda diisi dengan pembacaan Alquran, pembacaan puisi, serta orasi dari perwakilan-perwakilan tokoh yang diundang, serta Kepala Kepolisian Resor (Polres) Banyumas serta Komandan Distrik Militer (Dandim) 0701/Banyumas.

"Acara kali ini memang dikemas lebih santai dengan harapan mencapai satu tujuan bersama, untuk mengawal kasus (dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama) hingga tuntas," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, massa meminta agar Ahok diadili melalui proses hukum yang berlaku dengan seadilnya. Selain itu, Hidayat menambahkan, agenda ini akan terus dilakukan jika tidak selesai.

"Kami ingin saudara Basuki Tjahaja Purnama diadili seadil-adilnya. Dengan agenda ini kami mendampingi Polri, Kejaksaan dan Pengadilan. Kalau kasus ini belum selesai kami akan turun lagi," ujarnya.

Selepas orasi dan pembacaan doa, agenda dilanjutkan dengan salat Ashar berjemaah dan dilanjutkan parade keliling jalan protokol di Purwokerto dengan berjalan kaki. Dalam aksi ini, beberapa spanduk dan poster yang menunut Ahok segera dipenjara serta pengusutan kasus penistaan agama seadilnya dibawa oleh demonstran.

Massa aksi kali ini diikuti berbagai kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa. Tercatat, menurut Hidayat, aksi massa di Purwokerto, mayoritas diikuti warga Muhammadiyah Purwokerto, Al Irsyad Purwokerto, IIBF Purwokerto serta beberapa elemen lainnya.

Aksi tersebut dijaga ratusan anggota Polres Banyumas. Tak hanya itu, Kapolres dan Dandim juga mengikuti aksi jalan kaki dari alun-alun Purwokerto. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini