Ribuan Warga Binaan Rutan Cipinang Terancam Kehilangan Hak Pilih Pemilu 2019

Rabu, 17 April 2019 12:34 Reporter : Merdeka
Ribuan Warga Binaan Rutan Cipinang Terancam Kehilangan Hak Pilih Pemilu 2019 Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Ribuan warga binaan di Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, terancam gagal menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 ini. Terhitung hingga hari pencoblosan ini, mereka belum masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Karutan Cipinang Oga Darmawan menyampaikan, Rutan Cipinang mengalami over kapasitas. Warga binaan yang dapat ditampung hanya sebanyak 1100 orang, namun dipaksa menerima hingga 4387 orang.

"Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap 1110 pemilih yang sebagian besar Daftar Pemilih Tambahan," katanya di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/4).

Ada sekitar 3.277 warga binaan yang terancam kehilangan hak pilihnya. Meski begitu, rutan sendiri merupakan tempat hunian warga binaan yang belum mendapatkan ketetapan hukum. Artinya jumlahnya akan selalu berubah.

"Ada juga yang baru masuk sehingga belum terdaftar. Ada juga yang baru bebas dan jadi masih terselip di daftar," ujarnya.

Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami menambahkan, masalah itu sudah diupayakan maksimal untuk diatasi.

"Ada yang Nomor NIK KTP nya sudah lupa, menghubungi keluarganya tidak mudah. Jadi hal-hal seperti ini yang terus teman-teman, kami dari jajaran lapas dan rutan sampai tadi malam berjuang untuk memberikan layanan sebaik-baiknya kepada saudara-saudara kami yang ada di dalam. Napi maupun tahanan untuk melaksanakan haknya," katanya.

Dia menyatakan, hingga akhir waktu pencoblosan pun Kemenkumham akan terus berupaya agar para warga binaan dapat menyalurkan hak suaranya.

"Sekarang sampai sedang berjalan. Surat suara masih mencukupi dalam artian DPT masih ada cadangan, bagi mereka yang belum direkam tapi punya KTP, itu nanti akan diberikan kesempatan di akhir. Tentu setelah melihat kondisi dari surat suara yang tersedia," tutup Sri.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini