Ribuan Petani dan Nelayan akan Datangi Kota Padang, Ini Acaranya

Kamis, 8 Desember 2022 11:35 Reporter : Lisa Septri Melina
Ribuan Petani dan Nelayan akan Datangi Kota Padang, Ini Acaranya Stand Papua di Penas KTNA. ©2017 Merdeka.com/afif

Merdeka.com - Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bakal menjadi tuan rumah Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-XVI tahun 2023. Diperkirakan sebanyak 50 ribu peserta dari seluruh Indonesia bakal datangi ranah Minang.

Kepala Dinas Pertanian Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan, Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah berdasarkan surat Sekjen Kementan yang kemudian ditindaklanjuti surat KTNA Pusat serta Surat Gubernur Sumbar. Nantinya kegiatan akan dilaksanakan pada 10-15 Juni 2023 mendatang.

"Kita memperkirakan selama kegiatan berlangsung 50 ribu peserta bakal mendatangi Kota Padang," tuturnya kepada merdeka.com, Kamis, (8/12).

Kata Syahrial, seharusnya kegiatan Penas KTNA ke-XVI digelar pada tahun 2020 lalu, namun karena dalam situasi pandemi Covid-19, panitia pusat memutuskan untuk menunda pelaksanaannya.

"Meskipun sempat tertunda, namun kita optimis acara nantinya akan berjalan lancar seiring dengan persiapan yang kita lakukan, apalagi sekarang syarat orang untuk bepergian tidak serumit dulu," tuturnya.

Lanjutnya, pada Penas KTNA 2023 ini, nantinya Pemkot Padang menyediakan dua lokasi kegiatan yakni di Lanud Sutan Sjahrir serta menyediakan pemondokan bagi peserta kegiatan.

"Untuk venue utama itu dihelat di Lanud Sutan Sjahrir Tabing Kota Padang, itu merupakan tempat yang paling luas di Kota Padang," katanya.

2 dari 2 halaman

Sambungnya, nantinya acara akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan akan ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Biasanya, tradisinya setiap Penas KTNA akan dibuka langsung oleh Presiden dan ditutup oleh Wakil Presiden RI. Kita berharap nantinya juga begitu," tuturnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Pemkot Padang percaya acara yang diadakan bakal menggerakkan perekonomian masyarakat Sumatera Barat, terkhusus masyarakat Kota Padang.

Untuk menunjang acara, panitia juga telah mengatur tempat penginapan. Bakal tersedia rumah warga di empat Kecamatan yang ada di Kota Padang, yakni Kuranji, Koto Tangah, Nanggalo dan Padang Utara. Hingga kini kini ada 4.205 rumah warga yang telah terdata dengan satu rumah menampung minimal 10 orang lengkap ada perlengkapan tidur serta sarana lain yang diperlukan.

"Nantinya setiap peserta bakal menginap dikenakan biaya Rp150 ribu per orang per hari kepada pemilik rumah, sementara pemilik rumah menyediakan makan pagi dan makan malam," pungkasnya.

Baca juga:
Bulog Siap Bongkar Kebohongan Stok 600.000 Ton Beras Lewat Jalur Hukum
Petani Teh Rakyat Masih Rentan Hadapi Kondisi Pasar yang Dinamis
Garap Lahan PTPN Secara Ilegal, Empat Petani di Garut Disidang
Lepas Gaji Rp12 Juta, Pria di Bandung Sukses Budidaya Jamur Tiram
Tolak Kenaikan Cukai 10 Persen, Ini Tuntutan Petani
Momen Ganjar Pranowo Peringati Hari Pahlawan, Undang Sosok Pahlawan Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini