Ribuan ikan di Sungai Serayu mati misterius

Minggu, 2 Februari 2014 18:12 Reporter : Chandra Iswinarno
Ribuan ikan mati. ©Reuters

Merdeka.com - Ribuan ikan yang berada di sepanjang Sungai Serayu Banyumas mati misterius. Seorang warga pinggir Sungai Serayu, Aris (58), mengungkapkan ikan yang ada di Sungai Serayu tiba-tiba muncul ke permukaan.

"Tadi sekitar jam 9, banyak ikan yang tiba-tiba muncul dalam keadaan sekarat," ujarnya saat ditemui, Minggu (2/2).

Dia mengatakan kemunculan ikan-ikan membuat warga sepanjang Sungai Serayu mengambil ikan tersebut. Aris menjelaskan, ikan tersebut tiba-tiba muncul saat air yang berada di aliran Sungai Serayu berubah warna.

"Tadinya air berwarna agak bening, tetapi saat air berubah berwarna coklat tiba-tiba ikan muncul di permukaan," ujarnya.

Aris mengaku, tidak mengetahui penyebab pastinya ikan tersebut. "Saya tidak tahu penyebabnya, mungkin karena adanya longsoran di daerah hulu hingga membuat ikan kehabisan oksigen. Bisa juga karena penyebab lain," jelasnya.

Kepala Seksi pengendalian dan sumber Daya Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Serayu-Citanduy, Aryono mengatakan hingga kini pihaknya masih memastikan penyebab kematian ikan.

"Belum bisa dipastikan penyebab kematian ikan tersebut. Tetapi, yang jelas kematian ikan terjadi setelah adanya banjir bandang di hulu Sungai Klawing," jelasnya.

Ia menjelaskan banjir bandang pada Sabtu malam (1/2) tidak hanya menyebabkan ribuan ikan mati, tetapi juga pintu intake bendungan Slinga di Purbalingga tidak bisa berfungsi karena tumpukan sampah.

Saat ini BPSDA Serayu-Citanduy sudah mengambil sampel air sungai untuk diteliti lebih lanjut. [hhw]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini