Ribuan Botol Miras Buat Pesta Malam Takbiran Disita Polres Purwakarta

Rabu, 5 Juni 2019 04:33 Reporter : Bram Salam
Ribuan Botol Miras Buat Pesta Malam Takbiran Disita Polres Purwakarta Rbuan Botol Miras Diamankan Polres Purwakarta. ©2019 Merdeka.com/Bram Salam

Merdeka.com - Kepolisian Resor Purwakarta menyita ribuan botol minuman keras berbagai merek dan ukuran dari tempat berbeda pada malam Takbiran. Dalam razia mereka juga mengamankan ratusan bungkus plastik miras oplosan siap edar.

Kasat Reserse Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, operasi dilakukan sejak 30 Mei hingga 3 Juni 2019, berhasil mengamankan sebanyak 1.056 botol miras berbagai merek. Ada pula 163 plastik ciu sebanyak 46 liter.

Heri mengatakan, minuman keras itu disediakan buat memenuhi permintaan menjelang malam takbiran dan Lebaran 2019.

"Ribuan botol miras diduga akan diedarkan jelang malam takbiran ini untuk mereduksi potensi kebiasaan lama tiap mau lebaran atau tahun baru para pengedar miras membuat stok," ujar Heri Nurcahyo, Selasa (4/6).

Lokasi penemuan botol miras berhasil didapat dari rumah kontrakan, kos-kosan dan warung sembako serta toko furnitur. Banyak tempat tersembunyi sehingga sulit bagi kepolisian dalam melakukan pencarian.

"Miras dan Ciu siap edar ini didapat dari berbagai lokasi dan tempat usaha yang menjadi kedok penyimpanan miras," kata Heri.

Heri menjelaskan penyitaan miras paling banyak didapat di Plered yang merupakan pengedar miras cukup besar berinisial GI.

Diketahui GI menyimpan barang jualannya yang ilegal itu di dua tempat berbeda dengan jarak yang tidak berjauhan. "Di tempat pertama, di kamar kosnya hanya didapat delapan kardus. Lalu saat membuka paksa sebuah kamar kontrakan yang terkunci. Benar saja, di kamar tersebut didapat 32 kardus miras siap jual," ucapnya.

Bahkan pada operasi pekat jelang Lebaran 2019, Heri menemukan beberapa penjual miras yang berkedok warung sembako dan toko mebel.

Jajaran Satreskoba Purwakarta itu mendapatkan 46 botol ciu siap jual dan memang diperuntukkan saat malam takbiran nanti. Selain itu juga diamankan 87 botol miras dari warung yang dipajangnya adalah sembako dan keperluan sehari-hari warga.

"Yang bikin kaget, di warung sembako milik Eti di Bangursari. Ini cukup sulit dideteksi karena berkedok warung sembako. Serta di rumah kontrakan Minih di Babakan Cikao, kami amankan sekitar 54 botol miras," ungkap Heri menjelaskan. [ang]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini