Resah KPK dilemahkan, aktivis antikorupsi temui anggota Tim 9

Rabu, 4 Maret 2015 22:17 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya
Resah KPK dilemahkan, aktivis antikorupsi temui anggota Tim 9 Jokowi hadiri Rapim Polri 2015. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sejumlah LSM dan koalisi masyarakat sipil menemui Wakil Ketua Tim 9, Jimly Ashiddiqie di kantor DKPP, Jalan MH Thamrin, Rabu (4/3) sore. Kedatangan itu untuk menyikapi upaya pelemahan dan kriminalisasi terhadap dua pimpinan KPK.

"Kami mendesak Tim 9 untuk mengisi ruang advokatif dan keberpihakan pada rakyat untuk disampaikan kepada presiden, bahwa pelemahan dan kriminalisasi KPK yang telah diminta Presiden Jokowi untuk dihentikan, nyatanya masih terus dilakukan pihak Polri," kata Koordinator KontraS, Haris Azhar yang ikut dalam rombongan menemui Jimly Asshiddiqie di kantor DKPP, Rabu (4/3).

Haris mengatakan bahwa masyarakat juga semakin resah dengan sikap Plt Ketua KPK, Taufiequrahman Ruki, yang sikapnya malah menunjukkan pelemahan KPK ini semakin jelas terlihat, bahkan dari dalam internal KPK itu sendiri. Dia juga ingin melihat tanggapan presiden atas sikap Tim 9 dari hasil pertemuan tersebut.

"Kami juga resah dengan sikap pimpinan KPK Taufiequrahman Ruki, yang mengatakan bahwa kasus BG akan diserahkan ke Kejagung, dan nantinya Kejagung akan menyerahkan lagi ke Kepolisian. Sudah dapat kita tebak bahwa nantinya Polisi akan bilang lagi bahwa tak ada dugaan gratifikasi dalam kasus Budi Gunawan," kata Haris.

"Maka kami meminta kepada Tim 9, untuk terus bekerja menyampaikan poin-poin dari masyarakat agar disampaikan kembali ke presiden, demi meminta pertanggungjawaban dan menguji presiden, apakah ia mau menanggapi apa yang disampaikan Tim 9 ini," pungkasnya. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini