Reaksi Ketua Komisi III Anggotanya Ary Egahni jadi Tersangka di KPK

Selasa, 28 Maret 2023 14:44 Reporter : Alma Fikhasari
Reaksi Ketua Komisi III Anggotanya Ary Egahni jadi Tersangka di KPK Anggota DPR Ary Egahni Ben Bahat. Istimewa

Merdeka.com - Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto, atau Bambang Pacul mengaku, sudah mengetahui kasus yang menimpa Ary Egahni, salah satu anggota Komisi III DPR RI. Ary ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

KPK telah menetapkan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat dan istrinya, Ary Egahni Ben Bahat, sebagai tersangka korupsi. Keduanya diduga terlibat korupsi di wilayah Kalimantan Tengah.

"Sudah. Tentu sebagai ketua komisi III saya dilaporin, tetapi ketika dilaporin posisinya sudah menjadi tersangka, apa yang bisa kita lakukan yang pasti prihatin," kata Bambang Pacul, saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3).

2 dari 2 halaman

Dia mengaku, prihatin atas kasus yang menimpa salah satu anggota Komisi III DPR RI. Namun, Bambang Pacul menyebut tak bisa berbuat apa-apa terhadap persoalan yang dihadapi Ary Egahni Ben Bahat.

"Melihat sahabat di Komisi III terkena persoalan hukum, keprihatinan ini hanya bisa diungkapkan dengan keprihatinan. Kita berduka untuk itu, tapi kita juga tidak bisa apa-apa, karena pasal 1 UUD 45 yang isinya negara kita ini negara hukum, mari kita lihat proses hukumnya ya," sambung Bambang Pacul.

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, menyebut kasus ini terkait dengan penyelewengan yang dilakukan kepala daerah serta suap terkait jabatan.

"Ketika menjalankan tugas melakukan perbuatan di antaranya meminta, menerima atau memotong pembayaran kepada pegawai negeri atau kepada kas umum, seolah-olah memiliki utang pada penyelenggara negara tersebut, padahal diketahui hal tersebut bukanlah utang," papar Ali dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/3).

Selain itu, kedua tersangka juga diduga menerima suap dari beberapa pihak terkait dengan jabatannya sebagai penyelenggara negara. Namun, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai konstruksi perkara yang dimaksud.

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini