Razia Aksi 22 Mei, Polresta Malang Pulangkan Satu Unit Bus Hendak ke Jakarta

Selasa, 21 Mei 2019 09:02 Reporter : Darmadi Sasongko
Razia Aksi 22 Mei, Polresta Malang Pulangkan Satu Unit Bus Hendak ke Jakarta razia aksi di Malang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon peserta aksi 22 Mei yang akan berangkat ke Jakarta sempat diamankan Polres Malang Kota, berikut kendaraan yang digunakan. Usai diidentifikasi dan dimintai keterangan, sebanyak 15 orang diperbolehkan pulang dengan disertai membuat surat pernyataan tidak berangkat mengikuti aksi tersebut.

"Sudah dilakukan pendataan dan pemeriksaan. Dari masyarakat yang diamankan ini, mereka membuat pernyataan tidak jadi berangkat ke Jakarta. Sudah dipulangkan," kata AKBP Asfuri, Kapolres Malang Kota, Senin (20/5).

Asfuri mengatakan sejak 18 Mei lalu, telah dilakukan patroli gabungan bersama TNI dan Satpol PP. Patroli dilakukan untuk menyikapi adanya gerakan people power di Jakarta, 22 Mei.

"Kami melakukan razia di stasiun, terminal termasuk di perbatasan keluar Kota Malang. Kami berhasil mengamankan satu unit bus berisi 15 orang, yang akan berangkat ke Jakarta mengikuti kegiatan tersebut," terangnya.

Asfuri juga mengatakan, guna mengantisipasi penghitungan akhir 22 Mei mendatang, pihaknya menyiagakan 500 personel anggota Polri dan 1 SSK (satuan setingkat kompi) TNI dan Satpol PP.

Mereka akan disiagakan untuk mengamankan Kantor KPU, Bawaslu dan Gudang KPU. Sekaligus juga mengamankan lokasi-lokasi yang dimungkinkan berkumpulnya massa.

"Kami berharap masyarakat Kota Malang tidak melakukan aksi dan kegiatan inkonstitusional yang dapat melanggar hukum. Termasuk juga yang ke Jakarta, masyarakat diimbau tidak ke Jakarta. Silakan kalau memang mau mendukung, doakan dari rumah dan masjid," harapnya.

Selama razia polisi akan melakukan pemeriksaan barang yang dibawa oleh penumpang kendaraan. Jika perlu akan dilakukan interogasi tujuan perjalannya.

"Jika ada indikasi ke sana, segera kami imbau agar tidak berangkat," tegasnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini