Rayakan HUT ke 73 RI, anggota TNI AU patahkan 73 balok beton

Senin, 20 Agustus 2018 05:36 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Rayakan HUT ke 73 RI, anggota TNI AU patahkan 73 balok beton Prajurit TNI pecahkan recor MuRI. ©2018 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Pendekar Merpati Putih dari TNI Angkatan Udara, Mayor Hari Cahyadi Wijaya Kusuma sukses mematahkan 73 balok beton hebel saat atraksi di anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu, (19/8). Aksi tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Republik Indonesia (MuRI).

Atraksi ini dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 RI. Aksi ini menuai decak kagum dan tepuk tangan. Padahal di saat bersamaan, sang mayor yang menjabat salah satu Kasubsi di Dinas Logistik Lanud Sultan Hasanuddin ini baru saja menjadi korban lakalantas, dua jam sebelum atraksi.

"Pagi tadi jam 6 pagi naik motor menuju Pantai Losari, tiba-tiba ada orang memotong jalan. Dari pada saya tabrak dia, saya menghindar tapi justru saya yang jadi korban. Ini luka di kepala dijahit delapan jahitan, tangan lecet-lecet. Tapi tidak ada kata menyerah. Dalam kondisi apapun tetap harus rayakan HUT RI," kata Hari, Minggu (19/8).

Bukan hanya mematahkan atau memecahkan balok beton hebel 73 lapis itu, sebelumnya dia juga berhasil mematahkan berlapis-lapis lempengan besi baja dengan ujung siku tangannya.

Prajurit TNI Angkatan Udara ini mengatakan, pemecahan rekor MuRI tersebut serentak di 8 kota besar di Indonesia antara lain Makassar, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya dan Timika. 73 balok beton hebel adalah simbol kemerdekaan RI ke 73.

"Waktunya untuk latihan mepet, hanya dua minggu jadi satu kali saja. Itu pun yang latihan memecahkan beton hebel adalah anak buah, murid saya dengan asumsi kalau murid bisa otomatis saya bisa," tuturnya tersenyum.

Usai atraksi memanfaatkan tenaga dalam Merpati Putih tersebut, beberapa pengunjung yang sempat melihat atraksinya itu berlomba-lomba ingin foto bareng dengan sang pendekar. Dengan sabar permintaan foto bareng dilayani. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. HUT RI
  2. TNI AU
  3. 17 Agustus
  4. Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini