KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Raup untung Rp 1 M per tahun, penimbun BBM di Kendari ditangkap

Kamis, 19 September 2013 15:07 Reporter : Agib Tanjung
ilustrasi

Merdeka.com - Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri melakukan penangkapan terhadap pelaku kasus penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar. Menurut Kepala Bagian Analisa dan Evaluasi Mabes Polri, Kombes Pol Rusli Hedyaman, tersangka bernama Nasa Fatahillah ditangkap pada Rabu 11 September 2013 sekitar pukul 11.10 WITA di Jalan Pantai Talia, Kelurahan Talia, Kecamatan Abelia, Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Modus operandinya, tersangka membeli BBM solar yang diperuntukkan kepada nelayan dengan seolah-olah sebagai nelayan, ternyata kapal tersangka satu rusak dan satu lagi sudah dijual, selain itu juga menampung solar dari kapal nelayan lain," kata Rusli di Gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Rusli menuturkan, barang bukti yang disita dari kasus ini yakni 2 tangki ukuran 5 ton, 2 mobil tangki ukuran 4 ton, 1 mobil tangki ukuran 2 ton (kosong), 1 mobil toyota pikap (kosong), dan 30 jeriken kosong.

Selain itu, tersangka juga diketahui sudah dua tahun membeli solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) seharga Rp 6.500 lalu dijual kembali kepada para nelayan seharga Rp 8.000.

"Sudah dua tahun. Sehari dia menampung sekitar dua ton (2.000 liter) dengan keuntungan sebesar Rp 1.500, dikalikan dua ton per bulan saja hampir 90 juta, dikalikan satu tahun hampir Rp 1 miliar, jadi selama dua tahun keuntungan kira-kira Rp 2 miliar," jelasnya.

Rusli menambahkan, terkait kasus ini tersangka terancam dijerat Pasal 55 UU Migas. Selanjutnya tersangka akan segera dibawa ke Bareskrim Mabes Polri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Tersangka Nasa Fatahillah (41) sedang perjalanan dari Kendari ke Bareskrim, akan kita periksa dan dikembangkan dia akan menjual ke mana, karena selama dua tahun dia berpindah-pindah lokasi," imbuh Rusli. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Penimbunan BBM
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.