Ratusan Santri dan WNI di Turki Dipulangkan

Sabtu, 4 Juli 2020 09:48 Reporter : Merdeka
Ratusan Santri dan WNI di Turki Dipulangkan santri di Turki dipulangkan ke Indonesia. ©2020 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Sebanyak 227 warga negara Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 di Turki, dipulangkan dengan difasilitasi oleh KJRI Istanbul. Mereka dijadwalkan tiba pukul 17.35 WIB, Sabtu (4/7).

"Para WNI ini memanfaatkan penerbangan reguler Turkish Airlines (TK-56) ke Jakarta," tulis siaran pers resmi KJRI Istanbul diterima.

Dari total 227 dari WNI yang mengikuti program repatriasi mandiri, 224 santri pesantren Sulemaniyah di Istanbul yang telah menyelesaikan pendidikannya dan tertunda kepulangannya sejak bulan April 2020.

Sisanya, satu orang adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan 2 WNI yang terdampar di Istanbul karena pembatalan penerbangan lanjutan dari Frankfurt.

KJRI Istanbul mendata, sebanyak 67 orang penumpang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu, 45 penumpang dari Jawa Tengah dan Aceh, 19 orang dari Sumatera Utara dan selebihnya dari wilayah di Kalimantan, Riau dan NTB.

"Perlindungan WNI merupakan prioritas utama diplomasi Indonesia, apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19," kata Konjen RI Istanbul, Imam As’ari, saat memantau langsung proses tersebut.

Konjen Imam menambahkan, KJRI Istanbul menyampaikan terima kasih atas dukungan kerja sama Pengurus Pesantren Sulemaniyah, pihak-pihak dan otoritas terkait proses repatriasi mandiri kali ini dapat terlaksana dengan baik.

1 dari 1 halaman

Sebagai informasi, salah satu syarat utama mengikuti repatriasi adalah telah melakukan PCR Test sebelum keberangkatan dari Turki dengan hasil negatif/bebas Covid-19. Selain itu, WNI juga dibekali safety kit berupa masker, sarung tangan dan hand sanitizer untuk digunakan di pesawat.

Diketahui, Paska penerapan new normal sejak tanggal 1 Juni 2020, Pemerintah Turki telah melakukan relaksasi di berbagai sektor publik. Selama masa penanganan Covid-19 di Turki, Perwakilan RI di Turki secara berkelanjutan memberikan bantuan kepada sekitar 2.842 WNI yang terdampak Covid-19.

Sebelumnya, Perwakilan RI di Turki juga telah melakukan repatriasi mandiri pada tanggal 10, 15 dan 17 Juni 2020. Hingga saat ini jumlah keseluruhan WNI yang dibantu pemulangannya oleh Perwakilan RI di Turki berjumlah sekitar 650 orang.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Baca juga:
Virus Corona Timbulkan Ancaman Inflasi dan Banjir Impor
Menko Airlangga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2020 Minus 3,1 Persen
Menko Airlangga Soal Ekonomi di Masa Pandemi: Kita Melihat Ada Cahaya di Ujung
Kabar Gembira Soal Vaksin Corona, Akhir Tahun Sudah Bisa Tersedia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini