Ratusan pengemudi transportasi online tuntut pembahasan draf Pergub

Jumat, 13 Juli 2018 15:27 Reporter : Moch. Andriansyah
Ratusan pengemudi transportasi online tuntut pembahasan draf Pergub Demo ojek online di Gedung Grahadi. ©2018 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Merdeka.com - Sekitar ratusan pengemudi transportasi online yang mengatasnamakan Presidium Driver Online Putra Daerah, menggelar menggelar aksi di depan Gedung Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur. Dalam orasinya, para pendemo ini menyampaikan beberapa tuntutan yang ditujukan kepada para pimpinan perusahaan aplikasi transportasi dan kepada Pemprov Jawa Timur.

Tuntutan ke pihak pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur Jawa Timur Soekarwo itu di antaranya; pembahasan draf Pergub sebagai payung hukum, mendesak gubernur beserta jajarannya untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban, khususnya di zona merah.

"Dan yang ketiga adalah mengimbau seluruh pihak terkait untuk secara bersama-sama menjaga hubungan baik demi terciptanya Jatim kondusif," tegas Jubir aksi, David Walalangi di sela aksi, Jumat (13/7).

Sedangkan beberapa tuntutan untuk pimpinan aplikasi transportasi antara lain; evaluasi dan perbaikan sistem aplikasi on-line, pembukaan kembali akun driver yang di-suspend dan mengakomodir mitra driver eks-Uber.

"Juga evaluasi dan perbaikan mekanisme teknis suspend agar lebih jelas dan transparan," kata David.

Selain itu juga validasi akun penumpang, evaluasi dan tarif per kilometer sesuai standar kelayakan daerah. "Tarif untuk R2 Rp 3000/Km bersih, R4 Rp 5000/Km bersih, minimal order Rp 10.000 untuk R2, dan Rp 15.000 untuk R4," lanjutnya merinci.

Kemudian hapus zonasi intensif, turunkan persentase potongan atas tarif aplikasi, batasi kuota driver korporasi, dan lain sebagainya. "Itu beberapa tuntutan yang kami bawa dalam aksi ini untuk pimpinan perusahaan aplikasi transportasi," tandas David.

Sementara dari pantauan di lapangan, meski aksi para driver online ini tidak sampai menutup jalan, kondisi lalu lintas di sekitar Jalan Gubernur Suryo terpantau macet. Sebagian anggota polisi terlihat mengatur arus lalu lintas kendaraan yang cukup padat itu agar tetap lancar. [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini