Ratusan Jurnalis di Palembang Jalani Vaksinasi Covid-19

Senin, 15 Maret 2021 14:37 Reporter : Irwanto
Ratusan Jurnalis di Palembang Jalani Vaksinasi Covid-19 Tanaga kesehatan disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ratusan jurnalis di Palembang menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Dinas Wali Kota Palembang dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac. Bersamaan itu juga dilakukan vaksinasi kedua terhadap Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pihaknya mengapresiasi peran wartawan yang mendukung penuh program vaksinasi Covid-19. Awak media dinilai sangat rentan tertular virus corona karena kerap berinteraksi dengan banyak orang sehingga divaksinasi lebih cepat.

"Hari ini ratusan wartawan kami akomodir untuk dilakukan vaksin Covid-19. Kami tahu kegiatan wartawan sangat ekstra sehingga perlu dilakukan setidaknya mencegah penularan," ungkap Harnojoyo saat meninjau vaksinasi, Senin (15/3).

Dia berharap, kepercayaan diri wartawan dapat meningkat setelah divaksin dan sekaligus memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa vaksin aman dan halal digunakan.

"Memang tidak ada jaminan kita tidak kena corona, tapi bisa ditekan, protokol kesehatan tetap wajib. Tugas wartawan juga bagian dari sosialisasi suksesi vaksin," ujarnya.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang Prawira Maulana menilai vaksinasi bagi wartawan sudah tepat karena paling rentan tertular virus corona. Setiap hari mereka kerap bertemu dengan banyak orang dan narasumber yang tidak diketahui status kesehatannya.

"Langkah ini sudah tepat. Sebagian besar wartawan di Palembang bersedia divaksin," kata dia.

Selama pandemi, kata dia, setidaknya terdapat 20 jurnalis di Sumsel yang terpapar Covid-19. AJI Palembang telah berupaya menekan penularan dengan cara imbauan protokol kesehatan, pembagian masker, dan cairan antiseptik bagi wartawan sebagai bekal dalam menjalankan tugas.

"Kami minta vaksinasi kepada wartawan terus dilakukan sampai seluruhnya tercover. Bersamaan itu juga, wartawan harus maksimal menjaga diri saat bertugas, disiplin menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini