Ratusan hektare hutan Gunung Lawu yang terbakar akan dihijaukan

Selasa, 24 November 2015 10:23 Reporter : Arie Sunaryo
Ratusan hektare hutan Gunung Lawu yang terbakar akan dihijaukan Kebakaran di Gunung Lawu. ©2015 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Ratusan hektare hutan lindung di Gunung Lawu yang terbakar belum lama ini, akan segera direboisasi. Perhutani Jawa Tengah mulai ancang-ancang untuk menghijaukan lahan seluas 479 hektare di wilayah Jateng yang dilalap si jago merah.

"Kami akan segera melakukan reboisasi, rencananya akan ditanami pohon ekaliptus dan damar," ujar Sekretaris Divisi Regional Jawa Tengah Arief Hidayat, Selasa (24/11).

Dia mengatakan, pemilihan ekaliptus dan damar dengan pertimbangan bahwa pohon tersebut merupakan pohon rimba yang cocok untuk area Gunung Lawu. Menurut rencana penghijauan akan dimulai pada 27-28 November bersama penyanyi Iwan Fals dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Wakil Administratur Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Surakarta Johni Andarhadi menambahkan, kebakaran area Gunung Lawu sedikit banyak mengganggu habitat fauna yang ada di dalamnya. Seperti satwa monyet, lutung, beruk, dan harimau. Dengan penanaman kembali diharapkan ekosistem yang rusak akibat kebakaran dapat diperbaiki.

"Kami berharap, dengan penanaman kembali ini, ekosistem yang rusak akibat kebakaran dapat diperbaiki," pungkasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini