Ratusan Eks Anggota Negara Islam Indonesia di Tangsel Berikrar Setia ke NKRI

Senin, 5 Desember 2022 14:18 Reporter : Kirom
Ratusan Eks Anggota Negara Islam Indonesia di Tangsel Berikrar Setia ke NKRI Spanduk Negara Islam Indonesia. ©2018 Merdeka.com/Dwi Prasetya

Merdeka.com - Sebanyak 220 mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) Kota Tangerang Selatan, menyatakan ikrar setia kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saat mengucapkan ikrar, terlihat beberapa lansia dan anak-anak berikat kepala merah.

Direktur Pencegahan Densus 88 Polri, Brigjen Pol. Ami Prindani mengingatkan, tingginya potensi radikalisme pada sejumlah daerah di tanah air. Karena itu, perlu terus dilakukan upaya pendekatan untuk menyadarkan para simpatisan dari kelompok radikal tersebut.

"Ini harus kita lakukan pendekatan, penggalangan supaya mereka kembali. Karena tidak mungkin yang radikal itu kita tangkap semua, kita proses semua. Tidak mungkin cukup tahanan kita. Karena faktanya mereka banyak yang tidak tahu bahwa kelompok atau ajaran yang mereka ikuti radikal, atau dilarang oleh negara," ungkap dia, usai ikrar bersama di Aula Blandongan, Kantor Wali Kota Tangsel, Senin 5 Desember 2022.

2 dari 2 halaman

Dia mengaku sampai saat ini masih menghimpun jumlah simpatisan dan anggota dari kelompok radikal seperti NII di Indonesia.

"Kita belum bisa pastikan, karena belum ada ukuran yang pasti untuk bisa menentukan jumlah radikalisme dan terorisme, karena semuanya masih dinamis sekali," katanya.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan menyebutkan, mereka yang telah berikrar kepada NKRI merupakan saudara sebangsa dan se-tanah air.

"Karena bagaimanapun juga bapak ibu ini, kawan-kawan kita, mungkin ada adik-adik kita di sini. Ini semua merupakan warga Kota Tangsel yang kita cintai, dan memang kita adalah warga NKRI," ungkap Pilar. [tin]

Baca juga:
Densus 88 Tetapkan Suami Siti Elina jadi Tersangka Terlibat Jaringan Terorisme NII
Naskah Deklarasi hingga Bendera Milik Tiga Jenderal NII Dimusnahkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini