Rapat Paripurna DPR Bacakan Surat Presiden Terkait Nama 10 Capim KPK

Kamis, 5 September 2019 16:14 Reporter : Sania Mashabi
Rapat Paripurna DPR Bacakan Surat Presiden Terkait Nama 10 Capim KPK Rapat Paripurna DPR Bahas RUU SDA dan Pekerja Sosial. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Surat itu juga telah dibacakan dalam rapat paripurna ke-7 masa persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

"Kami sampaikan bahwa pimpinan dewan telah menerima surat presiden nomor R-37/PRES/09/2019 tanggal 4 september tahun 2019 perihal penyampaian nama-nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi masa jabatan 2019-2023," kata pimpinan rapat sekaligus Wakil Ketua DPR, Utut Adianto.

Utut mengatakan, sesuai dengan tata tertib DPR, surat itu akan ditindaklanjuti ke komisi terkait yakni Komisi III. Nantinya, Komisi III akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

"Surat tersebut sesuai dengan peraturan DPR RI nomor 1 tahun 2014 tentang tata tertib akan dibahas lebih lanjut sesuai mekanisme yang berlaku," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menyetujui 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, yang diusulkan pansel. Keputusan Jokowi tersebut dikatakan Moeldoko sudah final.

"Ya sudah final lah (10 nama capim KPK)," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9).

Dengan begitu, 10 nama capim KPK itu siap diserahkan pemerintah ke DPR untuk uji fit and proper test. Moeldoko mengatakan, Jokowi meyakini bahwa pansel memiliki kredibilitas dalam menyeleksi capim KPK.

"Ya Presiden sudah memerintahkan mendelegasikan kewenangan kan pasti sudah memikirkan pada saat membentuk tim seleksi sudah memikirkan kredibilitas yang bersangkutan dan seterusnya," jelasnya.

Berikut 10 nama capim KPK yang lolos seleksi

1 Alexander Marwata (Wakil Ketua KPK)
2 Irjen Firli Bahuri (Kapolda Sumatera Selatan)
3 I Nyoman Wara (Auditor BPK)
4 Johanis Tanak (Jaksa)
5 Lili Pintauli Siregar (Advokat)
6 Luthfi Jayadi Kurniawan (Dosen)
7 Nawawi Pamolango (Hakim)
8 Nurul Ghufron (Dosen)
9 Robi Arya Brata (PNS Sekretaris Kabinet)
10 Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan).

Jangan Lewatkan:

Ikuti Polling Siapa Layak Pimpin KPK? Klik disini [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini