Rapat dengan Menkumham, DPR akan Tanya Prosedur Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir

Rabu, 23 Januari 2019 14:03 Reporter : Sania Mashabi
Rapat dengan Menkumham, DPR akan Tanya Prosedur Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Sufmi Dasco Ahmad. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Komisi III DPR akan mengelar Rapat Kerja bersama Menteri Hukum dan Keamanan (Menkum HAM) Yassona Laoly dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad akan menanyakan masalah pembebasan terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir.

"MenkumHAM nanti jam 15.00 WIB kita akan tanyakan karena ini sudah jadi perhatian masyarakat di Indonesia dan luar negeri, alurnya bagaimana," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/1).

Menurut Dasco, pemerintah perlu mengkaji lebih dalam terkait pembebasan Ba'asyir. Sehingga tidak memberikan keputusan yang membingungkan masyarakat.

"Ke depan supaya tidak terjadi seperti ini, agar rencana action sebelum disampaikan ke masyarakat dikaji dulu lebih matang. Itu kan jelas, aturannya jelas, supaya dikaji dulu masuk atau tidak masuk pembebasan bersyarat itu," ungkapnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tidak mau berburuk sangka dengan menilai Presiden Joko Widodo tidak mengerti masalah hukum hingga berencana untuk membebaskan Ba'asyir. Sebab, kata dia, Presiden mengambil keputusan juga berdasarkan pertimbangan bawahannya di Istana Negara.

"Ya kalau ngomong presiden itu kan pimpinan pemerintahan, tapi kan dibantu pembantu presiden oleh menteri menteri segala macam," ujarnya.

"Tidak semua kemudian keputusan itu dari presiden. Keputusan itu kan biasa dari bawah. Nah kajian ini yang mungkin tidak matang menurut saya," ucapnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini