Rapat dengan Komisi I, Menlu Ditanya Soal Pengakuan Habib Rizieq Sudah Dicekal

Selasa, 12 November 2019 14:03 Reporter : Sania Mashabi
Rapat dengan Komisi I, Menlu Ditanya Soal Pengakuan Habib Rizieq Sudah Dicekal Menlu Retno bertemu Menlu Malaysia. ©2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Komisi I DPR menggelar rapat dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dalam rapat itu, Retno sempat dimintai penjelasan pengakuan Rizieq Syihab atau Habib Rizieq dikenai cekal sehingga tidak bisa kembali ke Indonesia.

Retno belum menjawab pertanyaan dari seluruh anggota Komisi I. Namun setelah semua anggota selesai bertanya, Retno ingin tidak semua pertanyaan dijawab secara terbuka dengan awak media.

"Kami mohon izin mengusulkan ada sesi terbuka dan sesi tertutup," kata Retno.

Retno mengatakan, ia akan menjelaskan beberapa hal terkait kondisi Papua, dunia, serta Asia Tenggara. Maka dari itu jawaban dari semua itu perlu dilakukan secara tertutup.

"Ini kami akan berusaha untuk memberikan insight semaksimal yang bisa kita sampaikan. Apabila usulan tersebut disetujui, maka terima kasih sekali," ungkapnya.

Kemudian, Effendi mempertanyakan bagaimana mekanisme jawaban pertanyaan untuk isu Rizieq. Pertanyaan itu langsung ditanggapi Ketua Komisi I Teuku Riefky Harsya dari Fraksi Partai Demokrat yang menegaskan juga dijawab dalam forum tertutup.

"Tertutup Pak," jawab Riefky.

Saat ini rapat sedang diskors selama 30 menit. Kemudian akan dilanjutkan dengan jawaban Menlu tentang pertanyaan dari para anggota. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini