Rancangan Ibu Kota Baru, Jokowi Gandeng Arsitek hingga Ahli Lingkungan Hidup

Kamis, 15 April 2021 19:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Rancangan Ibu Kota Baru, Jokowi Gandeng Arsitek hingga Ahli Lingkungan Hidup Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor. ©2021 Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para ikatan ahli profesi mulai dari bidang arsitektur, perencanaan, regional planning, hingga lingkungan hidup di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (15/4). Hal tersebut seiring dengan sikap pemerintah yang akan terbuka terkait masalah perencanaan pembangunan Ibu Kota Baru.

"Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Presiden bahwa kami, pemerintah akan terbuka dengan semua gagasan, semua usulan, yang disampaikan secara baik, konstruktif untuk membangun ibu kota negara yang akan datang," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa usai mendampingi pertemuan tersebut, Kamis (15/4).

Dia menjelaskan Ibu Kota yang nantinya akan dibangun adalah milih seluruh masyarakat Indonesia. Sebab itu publik pun berkesempatan untuk berpartisipasi dan gagasan dalam hal tersebut.

"Jadi tadi bapak Presiden telah mendengar dengan seksama seluruh masukan-masukan itu untuk dijadikan pertimbangan," bebernya.

Sementara itu, Jokowi kata Suharso juga tidak menutup kemungkinan untuk menggandeng para ahli untuk ikut serta duduk di badan otoritas ibu kota. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan rekomendasi tentang perencanaan Ibu Kota tersebut.

"Bahkan bapak presiden mengundang para ahli ini untuk ikut serta duduk di badan otorita ibukota apabila itu nanti sudah terbentuk. Setidak-tidaknya bisa memberikan rekomendasi tentang segala hal yang terkait dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan ibu kota negara," bebernya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini