Ramuan Empon-Empon Penangkal Virus Racikan Penjual Jamu di Yogya Laris Manis

Rabu, 4 Maret 2020 15:50 Reporter : Purnomo Edi
Ramuan Empon-Empon Penangkal Virus Racikan Penjual Jamu di Yogya Laris Manis Penjual jamu Purwoko. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Penjualan empon-empon atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan serai di Yogyakarta mengalami peningkatan. Rempah-rempah ini dipakai warga untuk menjaga kondisi tubuh dari serangan virus. Salah seorang penjual jamu di Pasar Beringharjo, Purwoko (49) mencoba meramu empon-empon antivirus. Empon-empon ini mengacu pada hasil penelitian dari dosen asal Universitas Airlangga.

Purwoko menerangkan dia meramu empon-empon yang di dalamnya berisi jahe, kunyit, serai dan kayu manis. Ramuan itu kemudian dikemas dalam satu bungkus plastik dan dijual seharga Rp10 ribu.

"Kemarin banyak yang beli empon-empon seperti jahe dan kunyit tapi masih terpisah-pisah. Terus tadi pagi saya kepikiran bikin ramuan yang sudah jadi satu untuk memudahkan pembeli," ujar Purwoko di Toko Delima, Los Pasar Beringharjo, Rabu (4/3).

Purwoko menerangkan usai kemasan empon-empon itu dikemas, banyak warga yang membeli. Purwoko mengungkapkan dari 100 bungkus ramuan yang dibuat, siang ini sudah ludes terjual.

"Tadi pagi bikin 100 langsung habis. Kalau ada yang mau beli nanti kami racikan," terang Purwoko.

Purwoko menerangkan ramuan empon-empon ini diklaimnya mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. "Nanti empon-empon direbus dengan air sebanyak 1,5 liter. Terus nanti diminum pagi dan sore," ungkap Purwoko. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini