Rampung Amankan Pemilu 2019, Kapolda Metro Evaluasi Kekurangan Pengamanan

Selasa, 29 Oktober 2019 11:30 Reporter : Nur Habibie
Rampung Amankan Pemilu 2019, Kapolda Metro Evaluasi Kekurangan Pengamanan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono Apel di DPR. ©2019 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - TNI-Polri telah usai menjalankan tugasnya dalam melakukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak. Pengamanan yang bertajuk 'Mantab Brata' ini berlangsung sejak Oktober 2018 hingga Oktober 2019.

Dengan begitu, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono bersama dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran TNI-Polri yang sudah mengamankan proses pemilu.

"Saya dan pangdam sudah menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota, kemudian menyampaikan kepada seluruh komponen masyarakat yang sudah mendukung jalannya kegiatan daripada pemilu ini," kata Gatot di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (29/10).

"Kita juga berperan langsung dalam situasi yang aman dan kondusif, insya Allah nanti kedepan partisipasi masyarakat terus kita butuhkan bersama-sama dengan TNI-Polri untuk menjaga keamanan di wilayah kesatuan Negara Republik Indonesia dan khususnya wilayah DKI Jakarta agar tetap aman, damai dan sejuk," sambungnya.

Meski adanya gangguan-gangguan selama pemilu berlangsung. Namun, dengan adanya soliditas antara TNI-Polri serta masyarakat. Proses pemilu pun dapat berjalan dengan lancar.

"Kita sudah mengetahui ada potensi-potensi kerawanan, tapi syukur Alhamdulillah soliditas dan sinergitas TNI beserta seluruh unsur masyarakat kemudian juga dibantu oleh pemerintah daerah kita bisa melaksanakan rangkaian kegiatan ini dalam situasi yang aman, lancar dan kondusif kita lakukan," ujarnya.

Ia pun menyebut, personel yang diterjunkan selama operasi 'Mantab Brata' sebanyak 30.000.

"Untuk pasukan kita yang dikerahkan khususnya pada yang terakhir sekali, itu lebih kurang kita bersama-sama dengan pangdam lebih kurang 30 ribu orang, khususnya untuk pengamanan di Ibu Kota dan jajarannya selama operasi mantab brata ini," sebutnya.

Ia pun mengungkapkan, kekurangan pengamanan yang dilakukan oleh TNI-Polri selama pemilu. Akan menjadi bahan evaluasi agar dapat melaksanakan pengamanan pemilu lebih baik lagi.

"Tentunya dalam setiap kegiatan operasi itu ada langkah-langkah anev yang kita lakukan, apa kekurangan-kekurangan itu nanti jadi perbaikan buat kita untuk kegiatan-kegiatan operasi berikutnya," ungkapnya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2019
  2. Polda Metro Jaya
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini