Raker Perdana dengan DPR, Mensos Ungkap Kendala Penyaluran Bansos

Rabu, 13 Januari 2021 17:17 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Raker Perdana dengan DPR, Mensos Ungkap Kendala Penyaluran Bansos Tri Rismaharini. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Rabu (13/1). Ini merupakan rapat perdana Risma dengan DPR pasca ia ditunjuk Jokowi jadi Mensos.

Rapat kerja tersebut membahas evaluasi pelaksanaan APBN tahun anggaran 2020 dan isu-isu aktual lainnya. Dalam rapat itu, Risma mengungkapkan permasalahan data penerima bantuan sosial.

"Kendalanya adalah disebabkan karena datanya yang tidak lengkap ini sekarang. Jadi konsentrasi di saya dengan daerah melengkapi. Karena tidak terkoneksi dengan NIK, sekarang ini jadi PR kami," ungkap Risma, di ruang rapat DPR, Rabu (13/1).

Risma melanjutkan, kendala lainnya adalah data yang tidak lengkap membuat Bank Himbara tidak berhasil menyalurkan bantuan tersebut. Selain itu, kurang tercapainya target bansos tunai disebabkan kondisi geografis yang membuat sulitnya penyaluran.

"Jadi termasuk bantuan sosial tunai yang setiap bulan kemudian bantuan Sembako yang kita berikan tunai akan kita jelaskan apa yang kami lakukan. kemudian Bansos beras bagi KPM PKH jadi kondisi karena cuaca ekstrem," kata politisi PDIP ini.

Selain itu, rapat kerja ini dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily. Raker dihadiri 12 anggota secara fisik dan 32 secara virtual.

"Anggota yang hadir fisik biasanya memang kami minta tiap fraksi hanya satu tetapi karena mensosnya baru, Ibu Risma, jadi daya tarik, jadi bisa 12 anggota secara fisik," kata politisi Golkar itu. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini