Rail Clinic, Gerbong Penyedia Layanan Kesehatan Gratis Singgah di Stasiun Prupuk

Jumat, 13 September 2019 01:04 Reporter : Abdul Aziz
Rail Clinic, Gerbong Penyedia Layanan Kesehatan Gratis Singgah di Stasiun Prupuk Pelayanan Kesehatan Gratis di Gerbong Kereta. ©2019 Merdeka.com/Abdul Aziz Rasjid

Merdeka.com - Gerbong kereta penyedia layanan kesehatan atau Rail Clinic di Daerah Operasi 5 Purwokerto kini tersedia di sekitar Stasiun Prupuk, Kabupaten Tegal, Kamis (12/9). Rail Clinic merupakan kereta kesehatan yang memanfaatkan jalur KA.

Rail Clinic di Daops 5 dilayani tiga dokter umum, satu dokter gigi, satu dokter spesialis kandungan (Obgyn), satu bidan, satu Refraktionis Optision, dua analis kesehatan (Lab), dua apoteker serta lima tenaga paramedis untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis pada warga.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, menyampaikan Rail Clinic sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program CSR KAI.

"Di dalam kereta Rail Clinic terdapat beberapa ruang kesehatan, di antaranya ruang pemeriksaan gigi, ruang kebidanan termasuk alat USG, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan mata, serta apotek," kata Supriyanto.

Dalam pelayanan kesehatan di Stasiun Prupuk, KAI memberikan fasilitas pelayanan kesehatan meliputi jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama diantaranya pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, laboratorium, pemeriksaan kesehatan mata, penyuluhan kesehatan dan keamanan perjalanan KA. Selain itu, KAI juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata) secara gratis untuk 28 siswa.

"Pembagian kacamata diberikan pada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan di sekolahnya masing-masing," ujarnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini