Raih Merdeka Award 2022, Modernisasi Teknologi Informasi Jadi Ikon MA

Kamis, 30 Juni 2022 17:15 Reporter : Supriatin
Raih Merdeka Award 2022, Modernisasi Teknologi Informasi Jadi Ikon MA Merdeka Award 2022 Program Inovatif untuk Negeri Mahkamah Agung. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Mahkamah Agung (MA) menjadi salah satu penerima Merdeka Award 2022 untuk kategori program inovatif untuk negeri.

Sekretaris Mahkamah Agung Prof. Dr. H. Hasbi Hasan, S.H, mengatakan penghargaan yang didapat ini sejalan dengan ikon MA yang terus melakukan inovasi, khususnya dalam teknologi informasi secara digital.

"Memang ikon kita adalah teknologi informasi. Modernisasi teknologi informasi jadi itu ikon kita melakukan melakukan transformasi percepatan akselerasi dari segala aspek di MA RI jadi kita akan meluncurkan lagi beberapa aplikasi selama ini kita ada e-Sadewa," ungkap Hasbi saat menghadiri Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Kamis (30/6).

"Perlengkapan, perencanaan juga akan meluncurkan aplikasi. Kemudian di humas juga akan meluncurkan aplikasi dan di umum dan akan memperbaharui sistem kepegawaian banyak yang kita lakukan," sambungnya.

Untuk ke depannya, kata Hasbi, MA akan terus melakukan inovasi. Sehingga semua aspek mulai dari administrasi dan teknis di MA akan terhubung dengan teknologi yang mutakhir.

"Semua aspek administrasi dan teknis di MA akan melakukan inovasi ke depan," katanya.

Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Merdeka Award

Selain itu, Hasbi mengapresiasi atas penyelenggaraan Merdeka Award. Dia mengatakan ini acara yang luar biasa dan sangat bermanfaat untuk memberikan pembelajaran edukasi kepada masyarakat.

"Bahwa kita harus selalu melakukan inovasi-inovasi untuk anak negeri," katanya.



Beberapa, aplikasi yang dimiliki oleh MA, antara lain, aplikasi E-COURT, aplikasi E-LITIGASI, aplikasi E-BIMA, aplikasi E-Sadewa (Electronic State Asset Development and Enhancement Work Application), Sislitbang (Sistem Informasi Penelitian dan Pengembangan).



Selain itu MA juga terus memanfaatkan teknologi dengan membuat Podcast ""Mari Berbincang"", film pendek, kemudian terdapat juga pemilihan Duta Peradilan 2022, serta ada juga MA Goes to Campus.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini