Raih Merdeka Award 2022, Gubernur Kepri Terpicu Lahirkan Inovasi Kedaulatan Maritim

Kamis, 30 Juni 2022 17:30 Reporter : Syifa Hanifah
Raih Merdeka Award 2022, Gubernur Kepri Terpicu Lahirkan Inovasi Kedaulatan Maritim Merdeka Award 2022 Program Inovatif untuk Negeri Provinsi Kepulauan Riau. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Merdeka Award kembali hadir untuk memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang mampu melahirkan inovasi dan terobosan untuk Indonesia. Di antaranya untuk program inovatif untuk negari, yang diraih provinsi Kepulauan Riau.



Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan Merdeka Award ini. Ini bisa memotivasi untuk semua kalangan untuk melahirkan inovasi-inovasi berbasis digital.



"Saat ini tidak ada kata lain dan satu keniscayaan daerah-daerah yang akan maju, berkembang ketika daerah-daerah bisa melahirkan inovasi-inovasi digitalnya di daerah. Bagi provinsi Kepri ini penting karena memang etalasenya ada dan memang posisinya sangat strategis dan potensial," kata Ansor Ahmad saat menghadiri Acara Merdeka Award 2022 digelar di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta dengan tema "Inspirasi Indonesia", Kamis (30/6).

Ansar mengatakan inovasi berbasis digital ini sangat penting, sebab posisi provinsi Kepri yang sangat strategis. Terlebih ada 4 check point perdagangan penting di dunia salah satunya Selat Malaka yang ada di Kepri.

Pertama ada terusan Suez di Mesir, ada Selat Hormuz selat yang memisahkan antara Turki di sisi Eropa dan Asia. Kemudian ada Selat Gibraltar, termasuk Selat Malaka yang berhampiran dengan Singapura, Malaysia dan Indonesia.



"Maka kita, akan terus mendorong upaya-upaya inovasi dalam rangka mengoptimalisasi pemanfaatan kedaulatan maritim kita. Karena memang potensi-potensi yang kita miliki sangat besar dan luar biasa. Mudah-mudahan dengan apresiasi ini memicu semangat, memicu menjadi dorongan bagi teman-teman. Terutama teman-teman media di Kepri di wilayah perbatasan, karena Kepri itu provinsi penjaga gerbang utama Indonesia, etelasi Indonesia," katanya.

Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

2 dari 2 halaman

Motivasi Semua Pihak



Ansar juga berharap Merdeka.com tetap konsisten memberikan apresiasinya, karena apresiasi yang diberikan bisa memberikan motivasi bagi semua pihak yang menerimanya. "Mudah-mudahan merdeka.com bisa melanjutkan apresiasi, karena apresiasi memberikan nilai tambah yang baik bagi menerimanya," katanya.


Inovasi yang sudah dilakukan Kepri untuk pelayanan masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Di antaranya; Subsidi Bunga Modal, bantuan subsidi modal ini untuk UMKM. Dengan bunga nol persen. Pelaku UMKM hanya mengembalikan pinjaman pokok. Bunga dari pinjaman modal ditanggung Pemprov Kepri.



Bidang pelayanan publik ada JAPRI GUB (Jaring Aspirasi Gubernur) aplikasi pengaduan, wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada Gubernur Kepri, aplikasi Video Conference.


Ada juga aplikasi SI JEMPOL, aplikasi dibuat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu. Aplikasi ini dinilai baik, familiar, memudahkan dalam pelayanan dan sesuai dengan perkembangan teknologi.

MI BEDIL SIMA-PK (Media Informasi Berbasis Digital Sistem Manajemen-Pendidikan Kepri), sistem informasi dan administrasi pendidikan yang ditujukan kepada tenaga pendidik dan masyarakat. Aplikasi SIMANJA (Sistem Informasi Manajemen Kinerja), aplikasi E-DISPOSISI, Besign aplikasi untuk Penggunaan Tanda Tangan Elektronik dan Kepri Integrated Information System (KIIS).

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini