Rabu Pekan Depan, Komjen Listyo Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri

Jumat, 15 Januari 2021 16:03 Reporter : Ahda Bayhaqi
Rabu Pekan Depan, Komjen Listyo Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi III DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo pada pekan depan. Tepatnya pada Rabu, 20 Januari 2021.

"Hari Rabu minggu depan dalam rencana kami, sesuai hasil rapat internal Komisi III," ujar Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry ketika dikonfirmasi, Jumat (15/1).

Mengenai apa yang menjadi agenda perdana uji kelayakan dan kepatutan masih belum diputuskan. Herman mengatakan agendanya akan disusun pada Senin (18/1) mendatang.

"Senin akan kami susun," kata politikus PDIP ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR RI. Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada Februari 2021.

DPR memiliki waktu 20 hari untuk memproses sejak surat presiden diserahkan Rabu (13/1) lalu. Adapun pihak Istana meminta DPR segera mempercepat proses pergantian Kapolri ini.

Kemarin, Komisi III DPR telah mengundang Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam rapat dengar pendapat yang digelar tertutup. Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan, hasil temuan PPATK tidak ada transaksi keuangan yang tidak wajar, serta LHKPN Komjen Listyo Sigit pun dinilai tahapan wajar.

"So far, masih dalam tahapan wajar dengan laporan di LHKPN. Jadi nanti Pak Ketua PPATK yang menyampaikan langsung terkait apa yang dia dapatkan dari hasil audit dari analisis keuangan," ujar Sahroni di DPR, Kamis (14/1). [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini