Putri Candrawathi: Saya Menolak Keras Berganti Piyama Disebut Bagian dari Skenario

Rabu, 25 Januari 2023 14:06 Reporter : Bachtiarudin Alam
Putri Candrawathi: Saya Menolak Keras Berganti Piyama Disebut Bagian dari Skenario Sidang Pledoi Putri Candrawathi. ©2023 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat meluapkan segala hal yang mengganjal. Termasuk kekesalannya kala dianggap terlibat dalam skenario pembunuhan Yosua.

Bantahan itu kembali disampaikan Putri dalam nota pembelaan atau pleidoi. Dia menolak keras tudingan jaksa yang menyebut dirinya sengaja berpakaian seksi ketika di rumah dinas Duren Tiga, atau lokasi penembakan Brigadir J.

"Saya menolak keras dianggap berganti pakaian piyama sebagai bagian dari skenario. Saya berganti pakaian piyama model kemeja dan celana pendek yang masih sopan, dan sama sekali tidak menggunakan pakaian seksi sebagaimana disebutkan jaksa penuntut umum dalam tuntutan," ucap Putri dalam pleidoi saat sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (25/1).

Tim Penasihat Hukum Putri juga menambahkan. Dugaan jaksa menyebut pakaian seksi Putri adalah satu rencana memuluskan tembak menembak Bharada E dengan Brigadir J sesuai skenario palsu Ferdy Sambo sangat tidak mendasar.

"Terdakwa memakai pakaian seksi untuk memuluskan skenario tembak menembak dan pelecehan seksual di Duren Tiga. Padahal fakta di persidangan menunjukan bahwa terdakwa berganti pakaian karena merupakan kebiasaan sebelum tidur atau istirahat," ucap Tim Penasihat Hukum, Febri Diansyah.

2 dari 3 halaman

Febri juga menilai tindakan Putri berganti pakaian hal wajar karena pagi harinya melakukan perjalanan panjang dari Magelang, Jawa Tengah. Apalagi, saat itu, Putri juga harus isolasi di rumah dinas.

"Dan pakaian yang digunakan sebelum diganti adalah pakaian yang telah digunakan sejak pagi dari Magelang," ucapnya.

Kubu Putri menuding jaksa hanya berupaya membangun opini publik lewat kalimat pakaian seksi yang dipakai Putri.

"Tidak satu bukti pun yang mendukung tuduhan tersebut, kecuali hanya kesimpulan yang dibangun penuntut umum hanya dasar asumsi," terangnya.

3 dari 3 halaman

Penjelasan JPU Soal Pakaian Seksi Putri

Sebelumnya, dalam tuntutan delapan tahun kepada Putri Candrawathi. JPU turut menyinggung soal peran Putri Candrawathi yang terlibat dalam mendukung skenario pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Dengan sengaja berganti pakaian seksi, saat di rumah dinas Duren Tiga. Fakta itu disampaikan JPU dalam pertimbangan tuntutan terhadap terdakwa Ricky Rizal alias Bripka RR.

Berawal dari fakta Putri Candrawathi yang awalnya mengenakan sweater coklat dan legging hitam panjang saat tiba di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga.

Dengan niat melakukan isolasi mandiri, lantas Putri masuk ke dalam kamar untuk mengganti pakaian yang dianggap JPU lebih seksi, ketimbang pakaian sebelumnya.

"Sesudah berada di dalam rumah sengaja dikondisikan berpenampilan seksi dengan mengganti pakaian lebih seksi," ujar JPU dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (16/1).

Menurut JPU, pakaian yang dipilih Putri Candrawathi yakni piyama atau kemeja hijau bermotif garis hitam. Dengan maksud pakaian seksi tersebut bertujuan mendukung skenario adanya pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J.

"Dengan baju kemeja dengan pakaian hijau gari-garis hitam dan celana pendek warna hijau garis-garis hitam. Sehingga menjadi penyebab seolah-olah korban kemudian berniat melecehkan atau memperkosa saksi Putri Candrawathi," kata jaksa.

Adapun dalam kasus ini, terdakwa Ferdy Sambo telah mengakui bahwa tidak ada pelecehan di rumah dinas Duren Tiga. Karena, pemicu kemarahannya adalah aksi pemerkosaan atau kekerasan seksual yang dilakukan Brigadir J terhadap Putri.

Sehingga, dugaan pelecehan itu selalu disebutnya sebagai dasar dibalik tindakannya untuk merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir J. [lia]

Baca juga:
Putri Candrawathi: Apakah Salah Saya Cerita ke Suami kemudian Dituduh Jadi Dalang?
Putri Candrawathi Jawab Tuduhan Ganti Pakaian Seksi Dukung Skenario Pembunuhan Yosua

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini