Putri Candrawathi Kenang Masa Awal Bertemu Ferdy Sambo Hingga Akhirnya Menikah

Rabu, 25 Januari 2023 15:09 Reporter : Merdeka
Putri Candrawathi Kenang Masa Awal Bertemu Ferdy Sambo Hingga Akhirnya Menikah Sidang Pledoi Putri Candrawathi. ©2023 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Putri Candrawathi tak menyangka akan berada dalam situasi sangat sulit seperti saat ini. Dia ikut didakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Saat membacakan nota pembelaan, Putri lantas bercerita secara singkat soal perjalanan hidupnya. Termasuk momen pertama kali bertemu suaminya, Ferdy Sambo.

Putri mengaku bertemu Ferdy Sambo saat duduk di bangku SMP. Mereka dekat hingga Putri lulus dari sebuah kampus di Amerika Serikat (US) jurusan bahasa dan jurnalistik.

"Sebagai seorang perempuan, saya dilahirkan dari rahim ibu seorang pendidik dan sosok ayah tentara. Saya sangat terkesan bagaimana ibu, seorang guru SMA, mengajarkan ketulusan dan nilai-nilai kehidupan. Dari ibu, saya belajar mengasihi, berbuat baik untuk siapa saja dan dipacu untuk mendapatkan pendidikan sebaik-baiknya. Sementara dari ayah, saya belajar tentang disiplin dan ketegaran dari setiap tantangan hidup yang harus kami jalani," cerita Putri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (23/1).

Kemudian, sambung Putri, ayahnya purna tugas dengan pangkat Brigjen TNI Angkatan Darat (AD) dengan posisi terakhir sebagai Direktur Zeni di Mabes TNI AD. Meski perempuan, kedua orang tuanya menuntut semua anak-anaknya memprioritaskan pendidikan.

"Saya menyelesaikan pendidikan S1 pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, dan melanjutkan studi di bidang bahasa dan jurnalistik pada Universitas Negeri di Pittsburgh Amerika Serikat. Tuntunan orang tua telah mendorong saya untuk selalu berprestasi di antara peserta didik, termasuk ketika saya menempuh studi di luar negeri. Kedua jenjang pendidikan tersebut saya selesaikan dengan baik," jelas dia.

2 dari 2 halaman

Putri juga menceritakan bagaimana kedua orangtuanya mengajarkan tentang nilai hidup kesetiaan, ketegaran. Serta mencurahkan perhatian penuh terhadap keluarga.

"Dalam usia belasan tahun, saat saya sekolah di SMP Negeri 6 Makassar, Tuhan mempertemukan saya dengan Ferdy Sambo yang saat ini menjadi suami saya. Saat itu, sewajarnya siswa SMP, kami berinteraksi sebagai teman sekolah, belajar bersama, bermain dan bersenda gurau," kata Putri.

Keduanya kemudian melanjutkan sekolah di SMA yang berbeda, yakni Putri di SMA Negeri 8 Makassar dan Ferdy Sambo di SMA Negeri 1 Makassar. Meski begitu, keduanya tetap saling bertukar-kabar dan bertemu kembali sebagai siswa di tempat Bimbingan Belajar (Bimbel) yang sama menjelang tamat SMA.

"Setelah itu, kami berpisah jalan. Ferdy Sambo menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian di Semarang. Hingga kemudian kami dipertemukan, disatukan kembali dan mengucapkan janji setia dalam pernikahan pada tanggal 7 Juli 2000," ujarnya.

Putri mengaku sangat bersyukur dan tidak pernah menyesal sedikit pun memilih Iptu Ferdy Sambo sebagai pasangan hidup, yang kala itu bertugas sebagai Wakil Kepala Satuan Reserse Polres Jakarta Timur.

"Sejak itulah, babak baru kehidupan saya sebagai seorang istri Polisi, seorang Bhayangkari, dimulai," kata Putri mengurai perjalanan hidupnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [lia]

Baca juga:
Tatapan Mata Sambo Kosong dan Tubuh Bergetar saat Putri Ceritakan Kejadian Magelang
Momen Putri Candrawathi Memohon Belas Kasih Divonis Ringan
Baca Pleidoi, Putri Candrawathi Minta Maaf ke Jokowi, Kapolri & Keluarga Brigadir J
Putri Candrawathi: Saya Menolak Keras Berganti Piyama Disebut Bagian dari Skenario

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini