Puting Beliung Terjang 3 Kecamatan di Asahan, Sejumlah Rumah Rusak

Rabu, 11 September 2019 15:05 Reporter : Yan Muhardiansyah
Puting Beliung Terjang 3 Kecamatan di Asahan, Sejumlah Rumah Rusak Puting Beliung Terjang Asahan. ©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Angin puting beliung menerjang sebagian wilayah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Selasa (10/9) malam. Sejumlah rumah dan fasilitas publik di sana rusak akibat bencana ini.

Sekurangnya ada tiga kecamatan di Asahan yang terdampak bencana angin kencang dan puting beliung, yakni Buntu Pane, Mandoge, dan Setia Janji. "Dari tiga kecamatan itu, yang paling parah di Buntu Pane," kata Plt Kepala BPBD Asahan, John Hardi Nasution, Rabu (11/9).

Dia menjelaskan, tiga desa di Kecamatan Buntu Pane mengalami dampak terparah dari kejadian angin kencang dan puting beliung. Sejumlah rumah warga rusak, aliran listrik terputus, pohon dan menara telekomunikasi pun bertumbangan.

©2019 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

John memberikan rincian kerusakan di setiap desa. Di Desa Ambalutu terdapat 6 unit rumah yang rusak, satu di antaranya rusak berat, dan tower repiter di desa itu juga tumbang. Sementara di Desa Prapat Janji, satu unit rumah rusak berat.

Aliran listrik di Desa Sionggang terputus setelah tumbangnya tiang listrik di empat lokasi. Selain itu terdapat 14 titik pohon tumbang atau dahan besar yang patah.

Tim gabungan BPBD Asahan dan aparat lainnya telah dikerahkan untuk membantu warga. "Beberapa warga kami evakuasi. Pohon tumbang juga sudah kami bersihkan," jelas Jhon. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Angin Puting Beliung
  2. Kisaran Asahan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini